Tips Islam untuk Menjadi Orang Yg Kaya Dunia Akhirat

Siapa sih yang gak mau jadi orang kaya? punya mobil mewah, punya rumah megah, makanan serba enak, tidur dikasur empuk, rumah gak bocor ketika hujan, Bisa punya istri 4 (hehehe... ini kalo jadi orang kaya khan bisa dengan mudah nafkahin istri), yang pasti enak banget jadi orang kaya.
Berikut TIPS untuk jadi orang kaya

1. Qona'ah
Rasulullah bersabda:
Kekayaan tidaklah diukur dengan banyaknya harta, namun kekayaan yang hakiki adalah kekayaan hati.” (HR. Bukhari dan Muslim; dari Abu Hurairah)
Barangsiapa yang melewati harinya dengan perasaan aman dalam rumahnya, sehat badannya, dan memiliki makanan untuk hari itu, maka seakan-akan ia telah memiliki dunia seisinya.” (HR. Tirmidzi; dinilai hasan oleh Al-Albani)
Kaya hati, atau sering diistilahkan dengan “qana’ah“, artinya adalah ‘nrimo (menerima) dan rela dengan berapa pun yang diberikan oleh Allah Ta’ala. Berapa pun rezeki yang didapatkan, dia tidak mengeluh. Mendapat rezeki banyak, bersyukur; mendapat rezeki sedikit, bersabar dan tidak mengumpat. Nah kalau kita sudah punya sifat ini bisa dipastikan kita akan menjadi orang paling kaya didunia ini bahkan melebihi Bill Gates (sopo maneh kie??) 


2. Banyak bersedekah
Allah berfirman:
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah  adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (Al Baqarah: 261).
Lho hubungannya apa dengan kiat menjadi kaya? sabar dulu, berikut penjelasannya:
Rasulullah bersabda:
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)
jika seseorang banyak bersedekah, maka Alloh akan menambahkan kepadanya kenikmatan entah didunia maupun diakhirat, kenikmatan ini bisa berupa bertambahnya harta, bertambahnya umur, dihindarkan dari mara bahaya dll. Coba bayangkan jika seseorang sakit parah, berapapun harta yang dia punya tidak akan mampu menolongnya, atau jika seseorang dalam bahaya maka tidak akan berguna harta bendanya. Nah, dengan sedekah harta kita akan sangat berguna bagi kita, dan inilah arti KAYA sesungguhnya yang melebihi nikmat KAYA hanya dilihat dari banyaknya jumlah uang. 

3. Mulailah dari yang kecil maka engkau akan mendapatkan yang besar.
Dari An Nu’man bin Basyir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad, 4/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 667).
Nah, jika kalian ingin banyak harta maka mulailah untuk mensyukuri harta yang ada saat ini, karena dengan mensyukuri apa yang sudah ada maka Allah akan menambah kenikmatan tersebut.
Allah berfirman: " Sesungguhnya jika kalian bersyukur, Kami pasti menambah (nikmat) kepada kalian.” (Q.S. Ibrahim : 8)
 
4. Banyak berikhtiar dan bertawakkal
Arti ikhtiar adalah berusaha semaksimal mungkin mencari rizki dijalan yang halal, sedangkan bertawakkal adalah menyerahkan hasilnya setelah kita menempuh semua ikhtiar semampu kita. Jadi antara sifat tawakkal dan ikhtiar harus berbarengan, seiring sejalan. 

5. Banya beristighfar
Alloh berfirman:
Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat”. (Hud: 3)
Nah, Alloh sudah berjanji jika kita banyak beristighfar maka Dia akan memberi kenikmatan yang baik dan terus menerus, sedangkan Alloh adalah dzat yang tidak mungkin mengingkari janjiNya.
Al Imam Hasan Albashry berkata:"Salah satu tanda lemahnya iman adalah ia lebih mempercayai apa yang ada ditangannya dari pada yang ada ditangan Allah" [Mawa'id al imam hasan albashry hal 77-78]
demikian tips2 agar kita menjadi orang kaya, semoga bermanfaat.(Sumber)