Biografi Milkha Singh dan Inspirasi dr Film Bhaag Milkha Bhaag

Milkha Singh (lahir 1935 ) , juga dikenal sebagai The Flying Sikh , adalah mantan atlit sprinter India  yang memulai karir olahraganya ketika masih di Angkatan Darat India . Pada 2013 , ia adalah satu-satunya atlet pria India yang memenangkan medali emas atletik individu pada Commonwealth Games . Ia pernah mewakili India di Olimpiade 1956 di Melbourne , Olimpiade 1960 di Roma dan Olimpiade 1964 di Tokyo . Ia dianugerahi Padma Shri , penghargaan sipil tertinggi keempat di India , sebagai pengakuan atas prestasi olahraga nya .

Kisah Perlombaan Singh yang paling banyak diingat adalah ketika ia finis keempat di babak final lomba lari 400 meter Olimpiade 1960 ,dimana ia sebagai salah satu favorit juara . Dia sempat memimpin balapan untuk beberapa waktu sebelum akhirnya ia melambat sehingga memungkinkan orang lain untuk melewatinya . Berbagai catatan pemecahan rekor terjadi di perlombaan itu, dan Singh walaupun hanya finis di tempat keempat dengan catatan waktu 45.73 telah mencetak rekor nasional India dan bertahan selama hampir 40 tahun .

Awal kehidupan

Milkha Singh lahir pada tahun 1935 di Govindpura , sebuah desa 10 kilometer ( 6,2 mil ) dari kota di Provinsi Punjab Muzaffargarh , British India (sekarang Kabupaten Muzaffargarh , Pakistan ) dalam Rathore Rajput keluarga Sikh (catatan Sumber menyebutkan bahwa tanggal lahir nya antara 17 Oktober sampai 20 November) Dia adalah salah satu dari 15 bersaudara , delapan di antaranya meninggal sebelum Pemisahan India  . Dia menjadi yatim piatu selama Pemisahan antara India dan Pakistan , ketika kedua orang tuanya , saudara dan dua saudara perempuannya tewas dalam kekerasan yang terjadi, malangnya  Dia menyaksikan pembunuhan ini. Setelah itu ia melarikan diri ke India ketika pembunuhan Hindu dan Sikh di kampungnya terus terjadi dan pindah ke Delhi , India , pada tahun 1947 , Singh sempat tinggal sebentar dengan adiknya yg telah menikah, dan pernah dipenjarakan sebentar di penjara Tihar karena menumpang kereta tanpa tiket . Kakaknya , Ishvar , menjual beberapa perhiasan untuk memperoleh pembebasannya . Kemudian Ia menghabiskan beberapa waktu di sebuah kamp pengungsi di Purana Quila dan pada koloni pemukiman di Shahdara.

Singh menjadi kecewa dengan hidupnya dan dianggap sebagai perampok selama ia tinggal di pengungsian. Suatu hariia dibujuk oleh seorang saudaranya, Malkhan , untuk mencoba mendaftar perekrutan untuk Angkatan Darat India dan dia baru berhasil  masuk pada usaha keempatnya. Dan pada tahun 1951 , ketika ia ditempatkan di Elektro Teknik Mesin Pusat di Hyderabad dia dikenalkan kepada atletik, dari sinilah ia memulai karir atletiknya.

Karir Internasional

Ia mewakili India dalam kompetisi 200m dan 400m dari Olimpiade Melbourne 1956 . Pada tahun 1958 , Singh mencetak rekor untuk 200m dan 400m di National Games India , yang diadakan di Cuttack , dan juga memenangkan medali emas di event yang sama di Asian Games . Dia kemudian memenangkan medali emas dalam kompetisi 400m pada 1958 Kerajaan Inggris dan Commonwealth Games dengan catatan waktu 46,6 detik .  Ini prestasi yang terakhir membuatnya peraih medali emas pertama di Commonwealth Games dari India merdeka . Pada 2013 , ia masih satu-satunya laki-laki India yang telah memenangkan medali emas atletik individu pada Olimpiade.

pada tahun 1960 Singh dibujuk oleh Perdana Menteri Jawaharlal Nehru untuk melupakan kenangan buruk masa kecilnya ketika era Pamisahan India dan Pakistan untuk mengikuti perlombaan persahabatan pertama antara India dan Pakistan dan ia berhasil mengalahkan Juara Pakistan Abdul Khaliq, yang kemudian Jenderal Ayub Khan memberikan ia julukan The Flying Sikh .

Penghargaan dan prestasi
 
British Empire and Commonwealth Games
Gold 1958 Cardiff 440 yards
Asian Games
Gold1958 Tokyo200 m
Gold 1958 Tokyo 400 m
Gold 1962 Jakarta 400 m
Gold 1962 Jakarta 4 x 400 m relay


Biografi Singkat :

Nama :Milkha Singh
Lahir : 1935 ( usia 77-78 ) Govindpura , Punjab,  India
Tempat Tinggal : Chandigarh , India
Negara : India
Nama lain :The Flying Sikh
Karir : Atlet Profesional dan Pensiunan Angkatan Darat India dan Pemerintahan Punjab , India
Agama: Sikh
Istri : Nirmal Kaur
Anak-anak : 3 anak perempuan , 1 anak laki-laki , 1 anak angkat laki-laki.

Itulah sedikit kisah yg bisa kami himpun disini yg bersumber dari wikipedia,  dan jika anda masih penasaran dengan kisah lengkapnya jangan khawatir saat ini kisah Milkha Singh telah di film kan, diadopsi dari bukunya yang berjudul Bhaag Milkha Bhaag dengan judul yang sama,



Bhaag Milkha Bhaag diangkat dari kisah kehidupan atlit India, Milkha Singh. Bercerita tentang semangat dan keberaniannya

Judul film diambil dari kata-kata terakhir yang diucapkan oleh ayahnya dimana menyelamatkan hidupnya selama kerusuhan yang terjadi di India

Butuh waktu dua setengah tahun untuk menulis cerita film ini. Menurut sang direktur Rakeysh Omprakash Mehra ini bukan film olahraga tetapi merupakan film tentang spirit manusia berkisah tentang kisah seorang anak yang kehilangan orang tuanya pada usia 12. Farhan Akhtar merasa terhormat bahwa dia harus bermain peran Milkha singh dalam film ini. "Aku harus benar-benar mengubah gaya saya berjalan. Pelatihan ini benar-benar berbeda. Anda harus membangun ketahanan dan stamina. Tapi tujuan film itu lebih tinggi dari apa yang kami lakukan, ini menghilangkan ego Anda dari gambar. Anda mencoba dan dimasukkan ke dalam apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuan -. Farhan Akhtar" "Kami semua terinspirasi oleh kehidupan Milkha Singh. Kami tidak pernah merasa ada sesuatu yang sulit. - Farhan Akhtar " "Filmnya bukanlah cermin kehidupan Milkha Singh. Ini adalah interpretasi hidupnya. - Prasoon Joshi".

Jadi, tunggu apa lagi segera kita tonton filmnya, dan contoh semangat juang Milkha Singh untuk kita praktekan dalam kehidupan kita.