Trik Cepat Move On Pasca Putus Cinta

Sedang patah hati? Jangan terus berlarut-larut menangisi mantan. Mungkin ini jalan yang terbaik bagi Anda dan dia.

Namun, yang namanya kehilangan pasangan pasti sedih. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak terus berlarut-larut dalam kesedihan dan move on. Berikut ini saran dari Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, seorang psikolog klinis seperti yang kami kutip dari wolipop.detik.com:
1. Terima Keadaan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah terima kalau hubungan sudah berakhir. Anggap bahwa putus bisa membuat Anda dan kekasih lebih baik ke depannya. Mungkin tidak ada kecocokan lagi di antara kalian.

2. Evaluasi Penyebab Putus
Evaluasi kembali penyebab putus. "Kalau misalnya ada ketidakcocokan yang tidak mendasar, seperti perbedaan selera film, itu pertanda berarti yang satu nggak serius, tapi kalau perbedaannya mendasar, ya, memang harus putus karena setiap orang tidak bisa berubah," tutur Rosdiana, yang diwawancarai oleh wolipop, Kamis (14/06/2012). Ingat, lebih baik berpisah sekarang daripada nanti menyesal setelah menikah.

3. Introspeksi Diri
Introspeksi diri untuk menetralkan kembali perasaan Anda. Mungkin sikap Anda selama menjalin hubungan membuat kekasih tidak nyaman atau merasa tertekan. Jangan menyalahkan keadaan atau orang lain. Coba dimulai dengan mengoreksi diri sendiri agar lebih bijak dalam mengambil langkah selanjutnya.

4. Sharing dengan Teman
Setelah introspeksi, Anda bisa meluapkan perasaan kepada teman terdekat. Sharing dengan teman juga bisa mencegah Anda agar tidak melakukan balas dendam karena diselingkuhi atau tindakan lain yang merugikan. "Sharing sama teman-teman bisa meredakan niat balas dendam. Untuk apa marah-marah atau sampai meneror mantan, nanti dia malah bersyukur pisah sama Anda,” ujar psikolog lulusan Master Psikologi Universitas Indonesia di bidang klinis dan Master of Health Profession Education dari Universitas New South Wales, Australia itu.

5. Berolahraga
"Olahraga adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk memghilangkan rasa marah karena patah hati," ujar Rosdiana. Anda bisa alihkan perasaan sakit hati dengan berolahraga secara rutin. Selain menyembuhkan patah hati, olahraga akan membuat tubuh menjadi sehat.

6. Melakukan Kegiatan Lain
Jika kelima cara di atas belum ampuh, lakukan kegiatan lain yang dapat membuat Anda lebih sibuk. Misalnya, sering berkumpul bersama teman, bekerja lebih giat, melakukan hobi, atau ikut kursus yang membuat perasaan Anda teralihkan.

Cara Move On Setelah Putus Cinta dalam 1 Minggu

 Bersedih setelah putus hubungan adalah hal yang wajar. Namun jangan sampai berlarut-larut hingga sebulan bahkan sampai bertahun-tahun. Untuk membantu Anda mengatasi rasa sakit hati setelah putus cinta dengan cepat, tips dari All Women Stalk berikut ini dapat Anda terapkan.

1. Hari ke-1: Menangis
Hari pertama setelah putus cinta, tidak ada salahnya jika Anda ingin menangis seharian dikamar. Mendengarkan lagu sedih, menghabiskan tisu berlembar-lembar untuk menangis, atau meluapkan emosi Anda dengan berteriak sampai hati merasa puas. Untuk hari pertama ini, berpuas-puaslah menangisi diri Anda, karena besok banyak hal menyenangkan lainnya menunggu Anda.

2. Hari ke-2: Membuat Tulisan
Menulis bisa menjadi media untuk meluapkan emosi Anda. Setelah kemarin puas menangis, kini waktunya Anda menuliskan keluh kesah Anda dalam bentuk tulisan. Anda bisa menulis segala hal mengenai apa yang Anda rasakan hari ini, kemarin, dan harapan Anda kedepannya. Menulis di buku harian setiap harinya sampai Anda merasa tidak ada lagi yang perlu ditulis karena sudah merasa lebih baik.

3. Hari ke-3: Buat Daftar
Setelah putus cinta, segala memori yang menyenangkan dengannya dulu akan bermain di pikiran Anda. Tapi jangan sampai Anda terlarut dalam masa lalu. Buatlah sebuah daftar mengenai segala hal yang ia lakukan hingga membuat Anda marah. Baik itu hal kecil maupun masalah besar yang membuat Anda lelah dengannya. Tulis setidaknya sampai satu halaman penuh, dan lihat kembali daftar ini, jika tiba-tiba muncul keinginan untuk menghubunginya.

4. Hari ke-4: Memulai Hobi Baru
Mulailah melakukan hobi yang biasanya tidak pernah Anda lakukan ketika masih bersamanya. Bisa yoga untuk menenangkan pikiran, atau thai boxing untuk mengeluarkan emosi Anda. Hobi baru ini nantinya akan memberi Anda kesibukan, hingga tidak sempat lagi untuk mengingat mantan kekasih.

5. Hari ke-5: Perawatan Tubuh
Setelah lelah menangisi kepergiannya, Anda harus mulai untuk mencintai diri Anda sendiri lagi. Lakukan berbagai perawatan seperti creambath, luluran, atau spa untuk memanjakan diri Anda. Selain tubuh dan pikiran yang lebih rileks, perawatan ini juga membuat Anda lebih cantik dan siap menemukan cinta baru.

6. Hari ke-6: Jadwalkan Waktu Sedih
5 hari telah berlalu, dan Anda masih sering menangisinya. Hal ini wajar, karena penyembuhan sakit hati memang sulit bagi sebagian orang. Untuk mengatasinya, buatlah satu jadwal untuk waktu bersedih Anda. Misalnya saja, 15 menit tiap malamnya, Anda boleh terhanyut dalam lantunan lagu patah hati, namun setelahnya Anda harus bangkit. Lagipula Anda punya jadwal bersedih lagi untuk keesokan harinya. Lakukan hal ini sampai Anda merasa tidak ada hal yang perlu ditangisi lagi.

7. Hari ke-7: Tidak Menghubunginya
Setelah seminggu dalam masa pemulihan sakit hati, mungkin Anda masih menghubunginya beberapa kali, baik melalui SMS atau telepon. Namun di hari ke-7 ini, mulailah untuk menghapus kontak atau block sosial medianya. Karena Anda akan sulit move on jika masih memiliki akses untuk berhubungan dengannya. Mungkin akan sangat sulit diawal, namun ketika Anda berhasil melaluinya kira-kira sebulan, keinginan untuk berhubungan dengannya pun jadi makin berkurang.