Tips Men-charge Baterai Spiritual di Bulan Suci

Bulan Ramadhan tinggal sebentar lagi. Berbagai persiapan dilakukan oleh umat Islam demi menyambut datangnya bulan barokah. Mulai dari membaca dan mengkaji Alquran, perbanyak shalat tahajud dan berbagi dengan sesama.
Itu semua pada akhirnya mengerucut pada satu tujuan yakni, mengisi baterei spiritual dari berkah bulan suci Ramadhan.
Syeikh Ahmad Kutty, Dosen Senior  Islamic Scholar di Institut Islam Toronto, Ontario , Kanada memberikan beberapa tips menjelang bulan Ramadhan.

1.    Memberdayakan diri dengan belajar sebanyak yang kita dapat tentang hukum yang tepat serta manfaat dari puasa.
2.    Memastikan bahwa kita memperoleh manfaat sebenarnya dari puasa kita. Ini hanya bisa dilakukan bukan hanya dengan tidak makanan, mnuman dan seks, tetapi juga dengan ketat menahan pikiran, hati, dan panca indera kita.
3.    Merangkul semangat berpuasa sebagaimana ditekankan dalam hadis “menjadi amal dan penuh kasih sebanyak yang kita bisa”.
4.    Memperkuat hubungan kita dengan Al-quran, karena Ramadhan aalah bulan Al-Quran.
5.    Ikut terlibat dalam dzikir dan kondisi diri kita sendiri untuk membuat sifat kedua.
6.    Kita harus membangun komunitas kita melalui tindakan amal dan kasih sayang serta memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan sebanyak yang kita bisa.
Itulah tips menyambut Ramadhan ala Syeikh Ahmad Kutty. Menurutnya, Ramadhan merupakan suatu peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat beriman sebagai individu dan umat. Bulan Ramadhan membantu kita untuk mengisi ulang baterai rohani. Sehingga kita siap dan mampu menjalankan misi besar kehendak-Nya di bumi.
'Hal yang paling utama dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan adalah membuka hati dan pikiran kita untuk menerima kehendak–Nya," kata dia seperti dilansir onislam.net, Selasa (24/6).