Berbahagialah, Maka Penyakit Pun Menjauh


Kebahagiaan yang kita rasakan ternyata bukan hanya terpancar dari aura wajah, melainkan juga kesehatan tubuh. Studi terhadap 9.981 orang Australia menunjukkan, orang yang sehat dan puas dengan hidupnya lebih jarang terkena penyakit.

Penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Health Promotion ini membandingkan tingkat kebahagiaan dan kepuasan responden yang diberikan tahun 2001 dengan status kesehatan mereka pada tahun 2004.

Untuk mengukur kadar kebahagiaan, responden diberikan pertanyaan, seperti "Dalam seminggu terakhir apakah Anda merasa bahagia?" atau "Bila semua hal diperhitungkan, seberapa puas Anda dengan hidup yang dijalani?"


Tiga tahun kemudian, tingkat kesehatan para responden diukur dengan tiga cara. Pertama, mereka ditanya bagaimana kondisi kesehatannya, kemudian mereka ditanyakan apakah mengalami gangguan kesehatan. Terakhir, mereka ditanyakan apakah menderita 17 jenis penyakit yang disebutkan, seperti nyeri punggung atau gangguan mata.

Sebanyak 63 persen responden menjawab mereka selalu merasa happy. Sementara itu, 90 persen mengaku puas dengan hidupnya. Orang-orang dari kelompok itu ternyata lebih sehat. Dengan kata lain, jika saat ini Anda merasa puas dan bahagia dengan hidup, maka dalam tiga tahun mendatang besar kemungkinan Anda akan sehat.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan di Amerika Serikat terhadap para biarawati juga menunjukkan hasil tak jauh berbeda. Biarawati yang mengaku berbahagia serta punya harapan dan mencintai hidupnya ternyata lebih panjang umur.

Para ahli mengatakan, kebahagiaan, seperti halnya status ekonomi, harus dimasukkan sebagai indikator kesehatan.
sumber:kompas.com