TIPS Merawat & Memelihara Blackberry Anda

 Blackberry adalah salah satu dari sekian banyak brand Smartphone yang begitu populer saat ini. Namun seiring lamanya penggunaan atau pemakaian Blackberry kemungkinan kinerjanya akan menurun, sehingga perawatan dan pemeliharaannya harus mendapatkan perhatian tersendiri. Selain untuk menjaga kelancaran kinerjanya, perawatan yang tepat juga membuat umur dan daya tahan Blackberry menjadi lebih lama serta awet.

Nah, agar kinerja Blackberry anda tidak lemot Berikut inilah Tips Merawat Blackberry agar Tidak Lemot agar bisa tetap menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama....


1. Setiap 2-3 hari sekali, lepas battery Blackberry Anda dan diamkan selama kurang lebih 3 menit. Melepas battery membuat Blackberry melakukan reboot pada saat battery kembali di pasang. Hal ini berguna untuk menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat proses chatting ataupun browsing (temporary file), yang bisa memperlambat kinerja Blackberry Anda.




Penyebab Baterai BlackBerry Sering Panas dan Boros yaitu:

a. Jaringan Signal Lemah
Kenapa jaringan signal lemah bisa bikin baterai BlackBerry panas dan boros? Perlu anda ketahui, device BlackBerry anda akan selalu mencari signal, jika jaringan BIS anda lemah di daerah anda. Ketika device BlackBerry anda melakukan pencarian signal terus menerus maka penggunaan baterai BlackBerry anda akan lebih boros dan cepat panas.
Solusi untuk mengatasi device BlackBerry anda yang minim signal dan membuat baterai BlackBerry anda panas dan boros yaitu:
Gunakan jaringan 2G jika jaringan 3G di daerah tempat tinggal anda lemah. Untuk menganti jaringan 3G ke 2G,
Buka menu Option >>Mobile Network dan ubah Network Selection Mode ke Manual lalu ubah Network Mode ke 2G. Saya sarankan gunakan operator BIS yang memiliki jaringan signal kuat di daerah tempat tinggal anda.

b. Aplikasi Running di Background
Yang lebih menyebabkan baterai BlackBerry anda panas dan boros yaitu banyaknya aplikasi BlackBerry anda yang anda biarkan running di background terutama aplikasi BlackBerry yang selalu mencari update. Aplikasi yang selalu mencari update seperti Facebook, Twitter, Foursquare dan aplikasi BlackBerry lainnya yang sering memberikan notifikasi.
Aplikasi yang running biasanya menjadi penyebab utama dari baterai BlackBerry anda yang sering panas dan boros. Biasakan jika anda ingin keluar/menutup suatu aplikasi jangan tekan tombol power karena aplikasi tersebut akan tetap running di background, tekan tombol escape atau gunakan option pilih exit/close.
Saya lebih menyarankan, apabila aplikasi seperti FB, Twitter atau sejenisnya jika anda tidak menggunakannya dalam waktu yang lama Logout saja dan gunakan settingan menerima notifikasi lewat email, sehingga ketika anda Logout anda tetap bisa memantau notifikasi aplikasi tersebut melalui email.
Gunakan aplikasi Battery Watch untuk memonitor baterai BlackBerry anda.


2. Lakukan Clear Log setiap beberapa hari sekali. Bisa dilakukan dengan cara menekan
Alt + L G L G. Fungsinya mirip dengan langkah di atas, yaitu membersihkan file-file log pada Blackberry, sehingga kinerja Blackberry menjadi lebih cepat.

3. Anda juga bisa melakukan Cleaning Memory secara rutin, dengan cara pilih Options, Security Options, Advanced Security Options, kemudian pilih fitur Cleaning Memory dan pilih modus Enable untuk mengaktifkannya. Proses ini sama dengan proses yang sering kita lakukan pada PC/laptop, yaitu mengoptimasi memori (RAM).

4. Setiap 2-3 hari sekali, lakukan Host Routing Table, dengan cara pilih Options, Advanced Options, pilih Host Routing Table, tekan tombol logo BlackBerry icon Anda dan pilih Register Now.

5. Anda juga dapat melakukan Diagnostic Test setidaknya seminggu sekali. Ini sangat penting. Karena lewat inilah kelihatan di layar apakah Smartphone BlackBerry kita terkoneksi semua, baik PIN, Register maupun koneksi Email. Dengan cara, pilih Options, Mobile Network, setelah itu tekan logo BlackBerry icon Anda , pilih Diagnostic Test, lalu tekan lagi tombol logo BlackBerry icon, pilih RUN, biarkan sampai proses berjalan selesai. Jika saat Anda selesai memproses fitur ini, Anda mengalami kegagalan, ulangi kembali agar hasil diagnostic test Anda tidak ada yang gagal.

6. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tune up untuk BlackBerry, sehingga lebih mudah dan cepat, karena biasanya aplikasi tersebut menyediakan fasilitas Clear Log, Memory Cleaning, Task Manager, termasuk untuk proses reboot/restart Blackberry. Misalnya saja Control BBanel, dll.

Sekain itu perlu juga memperhatikan kebiasan-kebiasan yg biasa diabaikan seperti berikut ini :
  1. Tempatkan SmartPhone anda agak jauh (tidak berdekatan) dengan perangkat magnet, seperti speaker / sound, karena perangkat magnet dapat menimbulkan induksi magnet.
  2. Jangan memegang SmartPhone anda, jika tangan anda dalam kondisi basah, dikhawatirkan ada air yang masuk di sela – sela BB anda dan menyebabkan arus pendek.
  3. Jika anda ingin mencabut batterai SmartPhone BlackBerry anda, lakukan setelah anda melakukan turn off terlebih dahulu dan diamkan 3 – 5 detik sebelum anda mencabut batterai anda. Hal ini untuk menjaga kemungkinan masih ada arus listrik yang mengalir di dalam mesin perangkat anda.
  4. Sebelum anda memasang kembali batterai perangkat BlackBerry anda, diamkan terlebih dahulu sekitar 10 detik.
  5. Gunakan Charger asli / original.
  6. Hindari benturan atau menaruh perangkat BlackBerry dengan baik.
  7. Hindari pemakaian terlalu lama, atau jika perangkat anda sudah terasa panas karena pemakaian yang terus menerus, istirahat sejenak hingga perangkat BlackBerry anda kembali normal, dan anda lanjutkan kembali.
  8. Jangan terlalu banyak menyimpan data di memory perangkat BlackBerry anda, karena hal tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja perangkat BlackBerry anda. Atau jika memang memungkinkan pindah photo – photo hasil jepretan kamera perangkat BlackBerry anda ke komputer / notebook, untuk memberikan space lebih di memory.
  9. Lakukan restart minimal 2 hari sekali.
  10. Buang atau uninstall aplikasi yang sudah tidak anda perlukan.

DIBELI LAPTOP / KOMPUTER / TV / LCD / PS / BB Bekas Anda HUB: 085229108283 / pinBB: 2A 4994 AD (JOGJA - Sekitarnya Kami Jemput)