Mengapa Kita harus Mendoakan orang lain ???

Mengapa kita harus mendoakan orang lain ??
Mengapa kita harus mengutamakan menolong Saudara/kerabat dekat terlebih dahulu baru orang lain??
Mengapa tetangga dikatakan sebagai Saudara yang terdekat yang kita miliki??
Mengapa kita tidak boleh menunda perbuatan baik ??
Banyak dari kita yang mungkin belum meyakini benar bahwa pada dasarnya kita dan orang lain yang bahkan mungkin tidak kita kenal ternyata saling berhubungan.

Ya… Kita dengan manusia lain memang saling berhubungan, dalam arti, bahwa apa yang yang kita lakukan secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh pada nasib orang lain. Dan itu nyata.
Saya berikan contoh…
Misalkan kita melihat paku kecil berkarat yang ada ditengah jalan dan kita memutuskan untuk tidak menyingkirkannya, maka inilah awal rentetan kejadian yang mungkin saja terjadi dan bisa jadi akan terjadi…
Pertama, karena kita memutuskan untuk tidak menyingkirkannya, maka akan ada seseorang yang terkena paku tersebut, terluka dan karena berkarat akan menjadi infeksi. Karena infeksi dia akan sakit dan tidak bisa bekerja, karena tidak bisa bekerja maka penghasilannya akan berkurang, karena penghasilan berkurang maka keluarganya akan terkena dampaknya, entah itu tidak sekolah, tidak makan atau bahkan tidak bisa membayar hutang… dan seterusnya dan seterusnya… Efek berantai akan semakin membuat makin banyak orang yang bahkan mungkin sama sekali tidak pernah kita temui akan merasakan dampak dari keputusan ktia tidak menyingkirkan paku yang seharusnya bisa menghindari dari masalah tersebut.
Pernahkah kita berfikir sampai kesana?? Seharusnya itu kita fikirkan sebelum kita memutuskan untuk menunda atau membatalkan untuk berbuat baik.
Kita semua berhubungan, Connected… antara satu mahluk dengan mahluk lain, benda dengan mahluk lain, benda dengan benda lain, kita semua berhubungan… kita adalah untaian benang kehidupan yang sangat panjang yang mengelilingi dunia ini, yang mana satu sama lain akan saling berpengaruh… sangat berpengaruh. Semakin dekat kita terhubung, akan semakin kuat imbas atau impact dari sesuatu yang keputusan yang dibuat. Itu pasti dan itu sangat masuk akal.
Karenanya…
Apa yang Agama kita ajarkan untuk kita diatas sudah sangat nyata manfaatnya.
Mengapa kita harus mendoakan orang lain yang bahkan mungkin tidak kita kenal ?? apa manfaatnya ??
Jawabannya adalah karena kita terhubung dengan mereka semua… Keputusan yang mereka buat secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh pada hidup kita.
Coba fikirkan,
apa jadinya dunia ini jika Thomas alfa Edison putus asa setelah seratus kali percobaan lampunya?? Padahal dia baru berhasil pada percobaannya yang ke seribu.
Yang simple saja, siapa yang menyangka jika kita yang sudah berkendara dengan hati-hati dan stabil masih bisa terkena musibah ditabrak atau diserempet oleh mobil lain yang tidak hati-hati ?? itu karena keputusan/kejadian orang lain akan berpengaruh bagi kehidupan kita.
Sekali lagi…
KITA SEMUA TERHUBUNG.
WE ARE CONNECTED !!!
Jangan sepelekan untuk terus mendoakan orang lain, sigap dalam berbuat baik, memberi perhatian lebih pada saudara/ kerabat dekat, menjaga silaturahim pada tetangga kita.
Karena kita diciptakan tidak lain untuk membuat rantai kehidupan ini menjadi lengkap dan stabil… jangan sia-siakan kepercayaan Tuhan untuk menghidupkan dan dan ikut menyenimbangkan Dunia ini pada kita…
Kita dipilih untuk hidup tidak lain untuk menyempurnakan kehidupan bagi orang lain…
Bersyukurlah karenanya…
Wallahua'lam