Menjadi Karyawan yang Diperhitungkan dengan "REACH"

Banyak cara meraih pencapaian di tempat kerja, salah satunya menjadi karyawan yang diperhitungkan atasan bahkan perusahaan.

Dalam buku The Essential Employee: The Adventures of Carmen Senz, Judy Free dan Traci Maddox membagi kunci sukses untuk menjadi karyawan yang diperhitungkan, dengan lima strategi yang terangkum dalam lima kata, R.E.A.C.H. Kata ini singkatan dari: result, enthusiasm, attitude, cooperation, honor.

Apa makna dari setiap kata ini?

1. Result (Memberikan Hasil Yg Terbaik).
Menurut sebuah studi, jam kerja hanyalah hitungan waktu. Karyawan yang seharusnya bekerja lima hari seminggu, pada faktanya hanya bekerja efektif tiga hari saja. Artinya, dua hari yang lain Anda "boleh" tidak melakukan apa pun. Yang penting adalah hasil dari yang Anda lakukan untuk perusahaan. Tunjukkan kinerja yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Jadikanlah pekerjaan itu sebagai milik pribadi yang harus Anda jaga.

2. Enthusiasm (Antusias).
Energi perasaan sangat menular. Pelihara perasaan positif dan semangat melakukan apa pun. Perasaan ini akan terlihat dan memengaruhi lingkungan sekitar. Bila Anda selalu ceria, optimistis dan penuh semangat, siapa pun mau berada di dekat Anda. Sikap antusias juga akan dilihat atasan sebagai bagian dari komitmen pada perusahaan. Bahwa Anda punya kepedulian untuk membuat perusahaan maju dan berhasil.

3. Attitude (Sikap).
Selain kinerja, banyak perusahaan yang menilai karyawan dari sikapnya. Sikap berkaitan dengan banyak hal seperti tim kerja, hubungan antar karyawan, hubungan atasan-bawahan, perusahaan-klien, bahkan pada sukses tidaknya perusahaan. Mereka akan sangat mempertahankan karyawan yang punya sikap tidak mudah putus asa, sopan, tidak mudah tersulut emosi, hormat pada atasan, menghargai orang lain, serta optimistis. Dibanding karyawan yang bekerja baik namun membangkang.

4. Cooperation (Dapat Bekerja Sama).
Bekerja di mana pun pasti tidak akan lepas dari tim kerja. Karena itu, semangat bekerja sama sangat penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Karyawan yang bisa bekerja sama dengan siapa pun menjadi poin penting yang diperhitungkan. Karena tidak ada keberhasilan per orang, melainkan tim. Sekecil apa pun kontribusi Anda. Tak lupa selalu berterima kasih pada yang membantu.

5. Honor (Menjaga Kehormatan).
Keputusan yang benar mungkin tidak selalu populer, dan apa yang populer tidak selamanya baik. Pepatah itu sangat pas dilakukan di tempat kerja. Terutama di zaman sekarang di mana banyak orang mencari pekerjaan dan setiap orang akan melakukan apa pun demi mendapatkannya. Namun dengan tetap menjaga kehormatan diri dan orang lain, Anda akan kelihatan menonjol.