Joy Mangano, Kisah Entrepeneur wanita sukses yg memiliki 100 paten dr Rumah kecilnya

Joy Mangano dikenal sebagai entrepreneur wanita sukses dan presenter tv untuk penjualan produk yang mengembangkan Huggable Hunger dan inovasinya yang paling sukses, yaitu Miracle Mop, sebagai alat pel kering otomatis sehingga membersihkan rumah jauh lebih mudah. Itu semua diciptakan Mangano lantaran frustasi akibat orangtuanya bercerai, sementara dirinya ingin rumah tetap bersih. Tak disangka, pada 1992 saat penjualan alat itu ia memecahkan rekor penjualan dengan 18 ribu buah dalam waktu 20 menit. Joy juga menjadi presiden untuk perusahaan yang ia bangun sendiri, yaitu Ingenious Designs dan LLC. Ia juga kerap tampil di saluran belanja televisi Amerika HSN.

Mangano mengatakan, telah menemukan 100 item jenis baru yang bermanfaat. Satu hal kuncinya adalah belajar dengan sungguh-sungguh: jika memiliki ide, maka lakukan. Salah satu yang ditawarkan Mangano ditulis dalam biografinya. Mangano pernah bekerja di sebuah rumah sakit hewan di Huntington, New York.

"Dia datang dengan ide neon kerah untuk menjaga kucing dan anjing agar tak tertabrak mobil di malam hari," kata Fergus Mason, penulis Joy: The Unofficial Biography of Miracle Mop Inventor, Joy Mangano dikutip dari New York Post.

Setahun kemudian, ternyata perusahaan properti Hartz Mountain memperkenalkan produk yang serupa dengan Mangano.

Mangano meraih gelar administrasi bisnis pada 1978 dari Pace University. Dia menikah dengan Anthony Miranne dan dikaruniai tiga orang anak. Namun ia bercerai dan mendapatkan uang US$100 ribu. Semua uangnya digunakan untuk membuat inovasi kain pel. Mangano menjual usahanya dari nol dan menjual produknya ke pemilik perahu lokal setempat.

Akhirnya dia terhubung dengan QVC, stasiun televisi yang memasarkan produk rumah tangga. "Dia membujuk QVC untuk mengikutkan produknya, tapi penjualan kecil dan mereka mencoba untuk mengirim mereka kembali," kata Mason. Penjualan produknya ternyata meroket.

Dari laman therichest.com pada 2012 diperkirakan kekayaan Mangano mecapai US$50 juta atau sekitar Rp 695 miliar (kurs Rp 14.900).

Joy Mangano

Lahir: 15 Februari 1956 (60 tahun), East Meadow, New York, Amerika

Pasangan: Tony Miranne (m. 1978–1989)

Orang tua: Rudy Mangano

Pendidikan: Universitas Pace

Anak: Christie Miranne, Robert Miranne, Jacqueline Miranne






Inspirasi dari Film Joy (2015)

Joy 2015 merupakan film yang berasal dari Amerika Serikat dengan genre Drama dan Biografi. Film ini disutradarai oleh David O. Russel dan naskahnya ditulis oleh Annie Mumolo. Artis yang bermain di film ini merupakan artis papan atas Hollywood seperti Jennifer Lawrence, Robert De Niro, dan aktor Bradley Cooper. Film ini dirilis bertepatan pada perayaan Hari Natal yakni pada tanggal 25 Desember 2015.

Film ini menceritakan jatuh bangun Joy dalam memasarkan produk handmadenya. Mulai dari diusir polisi karena melakukan promosi tanpa izin sampai susahnya masuk ke dalam sebuah industri retail dan ditipu oleh rekanan bisnis. Joy menunjukkan bahwa menyerah tak ada dalam kamusnya.

Kehidupan Joy terbilang rumit. Saat ia kecil, ia memiliki bakat untuk menciptakan barang-barang. Bapaknya Rudy, memiliki bengkel truk. Neneknya, narator film ini, yang mendorongnya untuk menggapai cita-citanya suatu hari nanti. Sedangkan ibunya hanya sibuk di kamar menonton film opera jadul kesukaannya. Setelah ia dewasa, entah kenapa mimpi itu semakin jauh. Ia menghadapi dua perceraian, pertama, perceraian ayah ibunya. Ia berpisah dari saudari tirinya, Peggy, yang mengikuti ayahnya. Sedangkan ia, harus bersama ibu dan neneknya. Ia menikah muda dan mendapatkan dua orang anak dari pria penyanyi keturunan Venezuela, bernama Anthony. Mereka pada akhirnya bercerai, tapi Anthony masih tinggal di basement rumahnya selama dua tahun.

Suatu hari, Rudy pulang kembali ke rumah Joy dan ibunya. Ia bermaksud menumpang lagi tinggal untuk sementara setelah berpisah dari kekasihnya. Ayah dan ibunya bertengkar lagi seperti biasanya. Joy menempatkan Rudy di basement bersama Anthony. Mereka berdua bertengkar lagi. Joy memberikan pembatas dan meminta mereka jangan bertengkar. Ia pun pergi kerja di bandara sebagai petugas tiket pesawat.

Tapi, mimpi buruknya terus datang. Ia dipecat dari pekerjaannya. Dalam situasi penuh tekanan di rumahnya, ia mendapatkan mimpi-mimpi buruk dari masa kecilnya. Joy kecil meminta Joy untuk kembali mewujudkan mimpinya, menciptakan penemuan barang, seperti yang mereka lakukan dulu. Saat ia terbangun, ia langsung meminta ayahnya untuk pindah. Ia menjelaskan pada ayahnya untuk berkorban demi dirinya seperti yang sudah dia lakukan saat kecil dan tak jadi masuk kuliah lantaran membantu  sebagai akuntan di bengkel. Ia juga meminta Anthony untuk pindah, karena tidak normal setelah bercerai dua tahun, Anthony masih tinggal di rumahnya. Mereka awalnya menolak, tapi Joy berkeras dan akhirnya mereka pindah.

Ditemani putrinya, Joy menggambar ciptaan terbarunya. Ia berhasil menciptakan sebuah alat pel yang modern yaitu Miracle Pop. Langkahnya tak mulus, karena pabrik yang mengerjakan alat pel itu mengaku memiliki rancangan yang sama. Mereka meminta Joy membayar royalti. Rudy dan kekasihnya Trudy menjadi investor alat pel tersebut dengan ragu-ragu. Joy harus mencari toko yang mau menjual alat pelnya. Banyak yang menolak, karena alat pel seharga 20 dollar itu dinilai mahal, sementara alat pel biasa harga umumnya hanya 5 dollar. Ia nyaris saja ditangkap saat berusaha menjual di depan Walmart.

Atas bantuan suaminya, Joy diantarkan menemui CEO CVC, perusahaan besar yang mengelola Walmart bernama Neil Walker. Awalnya, ia tak diterima dengan serius. Joy meminta kesempatan untuk memperkenalkan alat pelnya di depan Neil. Joy memperagakan bagaimana alat pelnya terbuat dari katun lembut yang menyerap air, dapat diperas secara otomatis (tanpa disentuh) dan dapat dilepaskan untuk dicuci di mesin cuci.

Neil terkesima dan setuju untuk memasarkan produknya di TV Home Shopping. Ia meminta Joy menyiapkan 50 ribu unit. Dengan segala cara, termasuk dengan menggadaikan rumahnya, Joy berhasil memesan 50 ribu unit. Tapi, orang yang mengiklankan produknya yang sepertinya kesal padanya, tidak melakukannya dengan baik. Tidak ada satupun pelanggan yang menelpon untuk membelinya.

Joy stres, tapi ia tidak menyerah. Ia mendatangi Neil dan meminta agar dia yang tampil di TV. Akhirnya Neil setuju. Ia mengingatkan Joy tampil di TV itu akan banyak lampu dan akan sulit buat dirinya yang belum pernah sama sekali melakukannya. Joy tetap bersikukuh. Saat TV mulai siaran, ia sangat kikuk dan tidak bicara sepatah pun di menit pertama. Sebuah telepon masuk, teman baiknya, Jackie berpura-pura menjadi pelanggan dan menanyakan kemampuan alat pel itu. Kepercayaan diri Joy kembali. Ia dengan lancar menjelaskan kemampuan alat pel buatannya dengan gerakan tangan yang bagus. Di luar dugaan, 40 ribu lebih penelpon masuk untuk memesan barangnya, memecahkan rekor penjualan barang lainnya. Neil segera menyadari bahwa Joy akan menjadi sebuah bisnis baru, bukan saja kain pel, tapi juga periklana. Mereka berpelukan dan saling berjanji satu sama lain: jika mereka terlibat dalam persaingan bisnis suatu hari nanti, mereka harus tetap menjadi teman.

Pabrik pembuat kain pel itu ternyata rewel. Mereka meminta tambahan biaya dengan alasan kenaikan bahan baku. Joy tidak setuju karena jika biaya naik maka ia harus menaikkan harga dan itu tidak bagus untuk iklan. Rudy dan yang lainnya menyarankan Joy bersedia membayar.

Berita buruk datang, nenek Joy yang selama ini menjadi motivator utamanya, sakit dan meninggal dunia. Joy dan keluarganya berduka. Sementara itu, tanpa sepengetahuannya, Peggy pergi membayar ke pabrik yang membuat Joy murka.

Ia datang sendiri ke pabrik untuk berbicara dengan Gary Hart, pemilik pabrik. Gary menolak menurunkan harga. Joy meminta melihat mesin produksi untuk membuktikan kebenaran alasan harganya naik. Gary menolak dengan alasan mesin harus disiapkan. Joy curiga. Dalam pembicaraan yang panas, Joy meminta diizinkan ke toilet. Di toilet, ia menemukan pintu masuk ke area produksi. Ia sangat marah mengetahui tidak ada kemiripan rancangan pabrik dengan punyanya, tapi sepenuhnya rancangan dia. Apalagi, pabrik tersebut tidak terlihat memproduksi sesuatu, tapi hanya sebuah gudang merakit. Ia marah, tapi polisi membawanya dengan tuduhan memasuki properti orang lain tanpa izin.

Ia dibebaskan oleh ayahnya dengan jaminan besar. Joy sangat marah saat menceritakan bahwa pabrik itu tidak pernah punya rancangan yang sama. Mereka berbohong. Joy ingin membawa masalah ini ke ranah hukum. Tapi pengacara Joy mengatakan bahwa Joy akan kehilangan banyak dalam sengketa hukum bertahun-tahun dan kemungkinan besar akan kalah karena dengan setuju membayar royalti pada awal produksi, artinya mengakui adanya rancangan yang sama. Trudy meminta kebangkrutan diumumkan untuk mencegah kehilangan uang lebih banyak lagi. Dalam keadaan hutang menumpuk hampir setengah juta dollar, Joy begitu putus asa. Ia ingin menyerah.

Ia menggunting rambutnya menjadi pendek dan mulai mempelajari berkas satu demi satu. Suatu pagi, ia menghilang dari rumah dan pergi ke Dallas, Texas untuk bertemu seorang pria di penginapan. Pria itu memiliki wewenang di pabrik. Joy mengatakan sudah menelpon ke Hong Kong dan mengetahui bahwa ternyata pemilik utama perusahaan tidak mengetahui apapun mengenai produksi kain pel. Joy menyebutnya, penipuan pertama. Penipuan kedua, kata Joy, adalah tidak pernah ada royalti kain pel yang diketahui oleh perusahaan. Ia menjelaskan pengacaranya telah menyiapkan tuntutan hukum untuk hal ini, tapi ia meminta penundaan karena berharap akan ada jawaban baik dari pabrik untuk menyelesaikannya.

Lelaki itu terkejut dan langsung bereaksi akan mengembalikan uang Joy. Joy bersikap dingin. Lelaki itu kembali mengatakan akan mengembalikan beserta bunganya. Joy tersenyum dan mengeluarkan kertas pelepasan hak untuk ditandatangani. Joy menang.

Selanjutnya, penemuan dari Joy ini juga bukan hanya sampai pada alat pel yang modern, kemudian ia menemukan kembali peralatan rumah tangga yang lebih membantu para ibu rumah tangga. Hingga akhirnya dari semua penemuannya tersebut Joy mendapatkan lebih dari 100 hak paten dengan nama ia sendiri. Ia menjadi bos dari perusahaannya sendiri, sementara mantan suaminya menjadi penasihat dan orang kepercayaannya. Ia juga membantu para penemu pemula lainnya untuk mengembangkan penemuannya dengan fasilitas yang baik.

Dengan Neil, ia berteman baik. Neil memberikan informasi rahasia yang akan menghancurkan usaha Joy yang perlu diketahui olehnya. Joy tidak pernah tahu bagaimana nasib kehidupannya sebab semuanya penuh dengan misteri dan akan selalu membawa Joy dengan keadaan yang tidak terduga dengan sendirinya.

Film Joy memberikan sebuah pengalaman hidup yang begitu berharga terutama bagi ibu rumah tangga yang selalu berjuang untuk mendapatkan keadaan perekonomian yang lebih baik.


Setelah nonton film ini, kesan pertama yang bakal muncul adalah energi positif yang diberikan oleh Joy Mangano yang diperankan apik oleh Jennifer Lawrence. Senyum akan terkembang di wajah kalian ketika selesai nonton film ini. Entah karena ikut terdorong untuk tetap semangat mengejar cita-cita dan mengembangkan usaha, atau hanya karena pikiran kembali refresh karena melihat akting kocak JLaw.