Maksimalkan Masa Percobaan

Anda baru diterima kerja di perusahaan baru atau justru baru mulai bekerja? Ini artinya Anda harus memberikan yang terbaik di bulan-bulan pertama. Alih-alih diangkat menjadi pegawai tetap, setelah habis masa percobaan Anda justru dianjurkan mencari perusahaaan yang lain.

Masa percobaan memang kondisi yang menggantung. Biasanya berkisar antara tiga hingga enam bulan, masa ini memang tidak banyak memberikan keuntungan. Hal ini bukan berarti Anda bermalas-malasan kerja, justru ini waktunya untuk unjuk gigi supaya Anda diangkat menjadi pegawai tetap. Berikut tips yang bisa Anda ikuti.


Bekerjalah layaknya pegawai tetap.

Bangunlah reputasi bahwa Anda memang layak untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Tunjukan kinerja yang baik dengan datang tepat waktu dan penuhi jam kerja serta selesaikan tugas pada waktunya. Maksud utama perusahaan membuat masa percobaan adalah memastikan karyawannya konsisten dengan pekerjaannya. Bukan berarti setelah enam bulan Anda bisa bermalas-malasan.

Kuasai persyaratan kerja

Pelajari job description dengan teliti dan asah semua keahlian yang dibutuhkan untuk menjalaninya dengan baik. Tunjukan impress bagus dengan bersifat bisa diandalkan saat bekerja sendiri atau saat bersama-sama tim. Bila dapat menguasai keduanya, atasan akan menilai bahwa Anda tidak hanya fleksible tapi juga dapat berkembang di dalam perusahaan.

Kenali perusahaan

Pelajari semua hal, mulai dari produk apa yang mereka buat , jasa apa yang mereka tawarkan sampai menguntungkankah mereka. Mintalah klasifikasi bila memungkinkan karena hal ini menunjukkan antusiasme dan minat Anda. Dengan mengenali perusahaan luar dalam bisa memastikan Anda punya “tempat” di dalamnya.

Jalin hubungan baik dengan bos

Jalin hubungan yang menyenangkan sekaligus professional dengan atasan. Caranya gampang saja jaga sikap Anda agar selalu tulus bedakan dengan menjilat. Selalu sapa dan beri perhatian penuh setiap kali diajak bicara. Biasakan diri bertanya jika dilanda kebingungan perihal tugas kantor. Pura-pura mengerti hanya akan membuat Anda kelihatan bodoh setelahnya.

Rangkul kolega

Mulailah dengan sikap santun dan bersahabat, mendukung dan reseptif terhadap sesama karyawan. Jika salah satu minta pertolongan Anda, berikan bala bantuan. Jika Anda berbuat kesalahan atau butuh didampingi olehnya, jangan langsung defensif saat dikritik.

Jangan bikin bos memecat Anda

Janganlah mencoba bermain dengan perusahaan seperti terlambat datang atau waktu makan siang yang terlalu lama. Itu justru akan menyeret Anda ke jurang kenestapaan karir. Lindungi diri Anda dengan menjaga diri agar tetap positif, professional dan sehat. 


sumber: Kapanlagi.com