Mencapai target yang telah ditentukan pastinya menjadi impian besar setiap pelaku usaha.
Baik target berupa omset penjualan dengan nominal tertentu maupun
target berupa peningkatan kualitas usaha dari sisi internal dan
eksternal, sering menjadi fokus utama pelaku usaha untuk
mencapai puncak suksesnya. Sehingga wajar adanya bila setiap pelaku
usaha berusaha menciptakan strategi dan trik-trik khusus untuk mencapai
target yang telah mereka tentukan.
Meskipun setiap pelaku usaha
telah menciptakan beberapa strategi dan rencana kerja untuk mencapai
target-target bisnisnya, namun tidak sedikit dari mereka yang masih
mengalami kegagalan dalam mencapai target tersebut.
Untuk menghindarkan para pelaku usaha, khususnya usaha kecil menengah (UKM) dari hal-hal yang menggagalkan pencapaian target. Berikut ini kami informasikan kepada Anda mengenai 5 penyebab kegagalan pelaku UKM mencapai target.
1. Partisipasi tidak 100%
Salah satu faktor penyebab kegagalan UKM dalam meraih target yaitu
kurangnya partisipasi dari pemilik usaha, karyawan, serta pihak-pihak
lainnya yang terlibat dalam usaha tersebut. Apabila partisipasi yang
diberikan tidak 100%, maka bisa dipastikan hasilnya pun tidak akan
maksimal dan meleset dari target-target yang telah ditentukan. Sehingga
wajar adanya bila ada istilah yang mengatakan bahwa “ Tidak 100% sama
halnya dengan 0 (Nol) besar.”
2. Pesimis
Orang yang pesimis selalu menjalankan segala hal dengan penuh
kebimbangan, keraguan, dan tidak yakin pada kemampuan yang dimilikinya.
Hal ini tentu memberikan dampak negatif bagi kepercayaan diri seorang
pelaku usaha, sehingga mereka bermental lemah, tidak pernah yakin dengan
keputusan yang mereka ambil, tidak yakin dengan keberhasilan yang ingin
mereka raih, hingga akhirnya mudah putus asa ketika menemukan sebuah
hambatan di tengah perjalanan usaha.
3. “I know that ! ”
Kodrat manusia yang sering merasa dirinya paling tau, ternyata menjadi
salah satu penyebab kegagalan usaha yang mereka jalankan. Karakter
pelaku usaha yang seperti ini biasanya sulit menerima masukan dari orang
lain dan tidak mau belajar untuk meningkatkan wawasan maupun kemampuan
mereka dalam memajukan usaha. Sehingga dengan bekal pengetahuan yang
seadanya, akhirnya mereka membuat sebuah keputusan yang tidak jarang
merugikan perusahaan yang dijalankannya.
4. “I don’t care ! ”
Menjalankan sebuah usaha tentunya menuntut pelakunya untuk bisa peduli
dan mencintai pekerjaan yang sedang dijalankannya. Apabila sikap tidak
peduli mulai muncul pada diri pelaku UKM,
maka bisa dipastikan bila target yang telah ditentukan hanya akan
menambah daftar kegagalan Anda dalam menjalankan sebuah usaha. Karena
itu, pantau terus perkembangan usaha Anda, selesaikan segala masalah
yang menghambat pertumbuhan usaha Anda, dan pastikan menyertakan passion dalam setiap kegiatan Anda.
5. “Let Just See ! ”
Sebagian pelaku usaha cenderung pasrah dan kurang optimal untuk
mencapai target yang telah dicita-citakannya. Mereka masih memakai
pedoman “Program, rencana sudah kita buat, tapi ya sudah, kita lihat
saja nanti bagaimana hasilnya….” sehingga langkah-langkah yang mereka
jalankan untuk mencapai target belum bisa maksimal.
Dengan menghindari 5 penyebab yang menggagalkan pencapaian target, diharapkan para pelaku UKM bisa lebih optimal dan termotivasi
untuk terus berusaha memenuhi target yang telah ditetapkan. Lakukan
perbaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan dari yang
terkecil, lakukan dari yang mudah, lakukan dari sekarang!Salam sukses.
Sumber: http://bisnisukm.com/5-penyebab-kegagalan-pelaku-ukm-mencapai-target.html
Informasi Laptop, Komputer, Virus, Jual-Beli Bekas, click here!