5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup

Stres dan tekanan yang datang beruntun dalam pekerjaan, sudah dianggap bagian dari gaya hidup modern.

Padahal semestinya, jangan biarkan gaya hidup modern yang serba cepat menekan Anda. Ada lima kebiasaan untuk menikmati hari-hari berkualitas seperti dirilis talkman berikut ini.

Pertama,
menjalani ritual pagi yang tenang. Banyak orang memulai harinya dengan terburu-buru, yang akhirnya menimbulkan tekanan terhadap diri sendiri. Cobalah bangun lebih pagi dan memulainya dengan meditasi atau sholat subuh.


Kedua, mulailah menjaga respons. Saat ada masalah, sebagian orang meresponsnya tanpa memberi jeda untuk berpikir jernih. Sebagian lagi malah depresi. Cobalah merespons setiap masalah dengan memisahkan emosi sebelum merespons apa pun.

Mulailah merespons masalah secara objektif tanpa melibatkan emosi, karena emosi terkadang malah menganggu dalam menemukan solusi yang jitu.

Ketiga, jangan terlalu ambil hati. Orang kerap merespons masalah secara personal. Apabila ada orang melakukan sesuatu yang tidak berkenan di hati, kita terkadang menterjemahkannya sebagai sebuah tantangan.

Atau, kita langsung kesal dan marah. Hal seperti ini hanya merusak mood, padahal belum tentu apa yang dilakukan orang ada hubungannya dengan kita.

Keempat, bersyukur. Lantaran banyaknya kesibukan, kita lupa memikirkan hal baik dalam hidup kita. Jangan biarkan ini terjadi, cobalah mengganti cara berpikir kita, cari hal yang dapat membuat kita bersyukur. Fokuslah pada hidup Anda lalu ucapkan kata syukur.

Kelima, fokus pada "saat ini". Sehari-hari kita melakukan banyak hal secara bersamaan. Menyetir sambil texting, meeting sambil mengecek e-mail, membaca buku sambil menonton TV dan meng-update status facebook.

Cobalah melakukan satu hal dengan fokus, kemudian disusul dengan mengerjakan hal lainnya. Dengan begini Anda akan merasakan ketenangan dalam melakukan kegiatan tanpa menganggu produktivitas.(sumber)