5 TIPS Bagaimana Membuat Pimpinan Mencintai Anda?

Pada dasarnya semua orang ingin diterima dalam pekerjaannya. Apalagi diterima dengan baik oleh pimpinan kita. Apakah itu tujuannya untuk mempertahanakan pekerjaan saat ini, naik gaji, mendapat promosi atau sekerdar pujian saja.
Apapun  tujuan itu, menurut saya tidak ada yang salah. Kecuali bila anda tidak perduli dengan pekerjaan anda dan masa depan anda di sana.
Bila anda ingin disayang oleh pimpinan, berikut ada cara sederhana yang dapat membuat anda lebih fleksibel dan nyaman dalam melakukannya.


TIPS #1; Bertanya bila tidak tahu.
Jangan pernah berasumsi tentang bagaimana cara melakukan dan menyelesaikan dengan baik. Saat anda tidak jelas dengan tugas anda, maka penting untuk menanyakan kembali. Terutama tentang apa tujuan dan cara melakukannya.
Mungkin anda takut kelihatan bodoh dan tidak kompeten. Tetapi bukankah dengan mengira dan kemudian salah, justru akan lebih buruk lagi karena akan menghabiskan banyak waktu dan energy yang tidak produktif. Jadi mana yang anda pilih menghabiskan waktu lebih banyak untuk memperbaiki kesalahan atau bertanya untuk menjadi lebih jelas?.

TIPS #2: Proaktif
Lebih baik dihentikan daripada ditarik. Pimpinan lebih senang untuk menghentikan bila anda melakukan kesalahan daripada harus terus menerus memberikan insruksi tentang apa yang harus dilakukan. Menjadi seorang yang proaktif dan memiliki inisiatif adalah selalu bertanya “Apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi lebih baik” . Pimpinan anda akan senang bila setiap saat anda sibuk memberikan kontribusi secara aktif karena keinginan untuk membantu dan berbagi.

TIPS #3; Kalahkan waktunya
Buatlah impresi yang baik. Terutama tentang jam kerja. Maksud saya, semua pimpinan senang memiliki team yang rajin. Jadi apabila Pimpinan anda datang jam 7.45, maka datanglah lebih awal 15 atau 10 menit sebelumnya dan jangan lupa menyapa. Ucapan selamat pagi, selain memberikan semangat juga menunjukkan bahwa anda datang lebih awal. Bukankah itu berarti anda lebih rajin. Ahaaa…

TIPS #4: Bonus untuk Bos
Bukan bos anda saja yang bisa memberikan bonus. Tetapi anda juga bisa memberikan bonus yang berupa perhatian ekstra untuk pimpinan. Seperti misalnya menanyakan kabar keluarga. Bercakap sejenak dengan pimpinan tentang keluarganya adalah hal manis yang menimbulkan kesan yang baik. Atau anda bisa menawarkan untuk membuatkan kopi. Hal ini adalah sesuatu yang disukai oleh semua orang termasuk pimpinan anda. Jadi anda bisa menawarkan dengan baik, seperti misalnya;”Saya sedang membuat kopi, apakah Bapak mau saya buatkan juga?”.  Lakukan ini secara wajar dan relax. Hal ini bisa memberikan impresi anda seorang yang ramah, bersahabat dan perduli.

TIPS #5; Pimpinan juga manusia
Dalam hubungan kerja dengan pimpinan bukan tidak mungkin anda berselisih pendapat. Ketidak sepahaman yang bisa memicu emosi anda juga. Bila itu terjadi jangan menggerutu apalagi membicarakan pimpinan di belakang.
Bahwa ketidak setujuan adalah sesuatu yang biasa. Ya sudahlah, jangan diterus teruskan. Anda harus menyadari dan menerima bahwa pimpinan anda memiliki otoritas yang lebih besar.
Pimpinan juga manusia, beliau bisa juga keliru dan salah.  Jadi apabila beliau salah, maka berikan masukan yang baik. Jangan “memaksa” beliau harus menerima masukan anda. Apabila sekedar beda pendapat ya sudahlah, saat ini waktunya anda untuk mendukung.
sumber