7 Manfaat penting yang didapat dari membaca setiap hari

Kapan terakhir kali Anda membaca buku atau majalah? Apakah Anda berpikir kalau membaca itu hobi khusus untuk para kutu buku? Jangan salah. Membaca adalah hobi yang sangat bermanfaat bagi siapa saja. Bahkan para orang tua disarankan untuk memperkenalkan hobi membaca kepada anak-anak sejak dini.

Berikut ini adalah tujuh manfaat penting yang Anda dapatkan dengan membaca setiap hari seperti dilansir Mag For Women dan Lifehack.

1. Menambah pengetahuan
Memang benar kalau dikatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca Anda bisa mendapatkan bermacam-macam informasi serta mengetahui berbagai hal menarik yang terjadi di berbagai belahan dunia tanpa harus berkunjung ke sana.

Membaca juga membuat Anda berkenalan dengan berbagai gagasan. Ini membuat pemikiran Anda jadi berkembang, lebih terbuka, dan pada akhirnya menjadikan Anda lebih bijaksana dalam memandang berbagai masalah.

2. Hiburan murah
Membaca adalah salah satu hiburan yang paling murah dan praktis. Anda bisa membangkitkan imajinasi melalui cerita dalam buku hanya bermodalkan sebuah buku. Dan berkat perkembangan teknologi, sekarang Anda bahkan bisa membaca buku melalui gadget Anda. Jadi Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk hobi ini di manapun Anda berada.

3. Meningkatkan konsentrasi
Membaca dapat melatih pikiran untuk lebih fokus, karena untuk memahami apa yang Anda baca benak Anda akan terangsang untuk lebih berkonsentrasi.

4. Merangsang aktivitas mental
Membaca mampu merangsang saraf-saraf otak, sehingga membuat otak selalu aktif. Karena itu pula kemampuan otak menyimpan memori jadi lebih baik. Ini bisa menurunkan risiko alzheimer dan dementia di masa tua.

5. Mengurangi stres
Selain menghibur, membaca juga dapat mengalihkan pikiran dari kecemasan yang sedang Anda rasakan.

6. Meningkatkan kemampuan berpikir analitis
Terbiasa mencerna rangkaian cerita, mengenal dan mengingat berbagai tokoh dan latar dalam sebuah novel bisa melatih pikiran Anda untuk berpikir lebih analitis.

7. Menambah kosakata
Tentu saja, dengan semakin banyaknya buku yang Anda baca, Anda akan bertemu dengan gaya penulisan yang berbeda-beda, berkenalan dengan berbagai kosakata baru.

Itulah tujuh manfaat yang Anda dapatkan dari membaca. Jadi, mulai sekarang sempatkan waktu untuk membaca setiap hari, ya.

SUMBER