Waspada Narsistik

Deskripsi
Gangguan kepribadian narsisistik adalah gangguan mental di mana orang-orang memiliki perasaan ego yang tinggi dan kebutuhan yang mendalam akan kekaguman. Penderita narsistik percaya bahwa mereka lebih unggul daripada orang lain dan kurang memperhatikan perasaan orang lain. Tetapi di balik topeng tersebut terdapat harga diri yang rapuh, rentan terhadap kritik sedikit.

Gangguan kepribadian narsisistik adalah salah satu dari beberapa jenis gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian kondisi di mana orang-orang memiliki sifat-sifat yang menyebabkan mereka untuk merasakan dan berperilaku dalam cara-cara mengasingkan diri dari ruang sosial, membatasi kemampuan mereka untuk berhubungan dengan lingkungan lain di luar lingkungan mereka, seperti bekerja atau sekolah.

Gejala
Gejala gangguan kepribadian narsistik meliputi:
* Percaya bahwa lebih baik daripada yang lain
* Khayalan tentang kekuasaan, kesuksesan dan daya tarik
* Lebihkan prestasi atau bakat
* Terus-menerus mengharapkan pujian dan kekaguman
* Percaya bahwa penderita istimewa
* Gagal untuk mengenali emosi orang lain dan perasaan
* Mengharapkan orang lain untuk pergi bersama dengan ide-ide dan rencana penderita
* Mengambil keuntungan dari orang lain
* Mengekspresikan penghinaan bagi mereka yang merasa lebih rendah
* Menjadi iri terhadap orang lain
* Percaya bahwa orang lain iri
* Kesulitan menjaga hubungan yang sehat
* Menetapkan tujuan yang tidak realistis
* Menjadi mudah tersinggung dan ditolak
* Memiliki harga diri yang rapuh
* Keras hati atau emosional

Meskipun gangguan kepribadian narsistik mungkin tampak seperti memiliki kepercayaan diri atau harga diri yang kuat, itu tidak sama. Gangguan kepribadian narsisistik melintasi batas normal kepercayaan dan harga diri dengan berpikir begitu tinggi dari diri sendiri. Sebaliknya, orang yang memiliki keyakinan yang sehat dan harga diri tidak menghargai diri mereka sendiri lebih dari mereka menghargai orang lain.

Bila seseorang memiliki gangguan kepribadian narsisistik, kemungkinan tampil sombong, sering memonopoli percakapan, meremehkan atau memandang rendah orang-orang yang dianggap lebih rendah, merasa paling berhak. Dan ketika tidak menerima perlakuan khusus yang dirasa berhak diperoleh penderita,� penderita menjadi sangat tidak sabar atau marah. Penderita juga mencari orang lain yang dipikir memiliki bakat khusus yang sama, kekuasaan dan sifat - orang yang penderita lihat setara. Penderita mungkin berusaha keras untuk memiliki "yang terbaik" dari segala sesuatu - mobil terbaik, klub olahraga, perawatan medis atau lingkungan sosial, misalnya.

Tapi di balik semua "kemegahan" ini seringkali terdapat harga diri yang rapuh. Penderita kesulitan menangani apa pun yang dapat dianggap sebagai kritik. Jika penderita dikritik ia merasa malu dan terhina dan seolah rahasianya dibuka. Dan dalam rangka untuk membuat diri penderita merasa lebih baik, penderita biasanya bereaksi dengan marah atau penghinaan dan upaya untuk meremehkan orang lain untuk membuat diri tampak lebih baik.

Penyebab dari narsistik ini sampai kini belum diketahui. Seperti gangguan mental lain, penyebabnya mungkin kompleks. Bukti yang berkait adalah penyebab disfungsional di masa kanak-kanak, seperti memanjakan diri berlebihan, harapan yang sangat tinggi, penyalahgunaan atau kelalaian. Bukti lain menunjukkan genetika atau psychobiology - hubungan antara otak dan perilaku dan berpikir.

Pengobatan
Pengobatan gangguan kepribadian narsisistik ini berpusat di sekitar psikoterapi. Tidak ada pengobatan khusus yang digunakan untuk mengobati gangguan kepribadian narsisistik. Namun, jika penderita mengalami gejala depresi, gelisah atau kondisi lain, obat-obatan seperti antidepresan atau obat anti-cemas, dapat membantu.

Jenis terapi yang dapat membantu untuk gangguan kepribadian narsistik meliputi:
* Terapi perilaku kognitif. Secara umum, terapi perilaku kognitif membantu mengidentifikasi kondisi kesehatan penderita, keyakinan dan perilaku negatif dan menggantikannya dengan sehat, positif.
* Terapi keluarga biasanya membawa seluruh keluarga bersama-sama dalam sesi terapi. Penderita dan keluarganya menjelajahi konflik, komunikasi dan pemecahan masalah untuk membantu mengatasi masalah-masalah hubungan di antara mereka.
* Terapi kelompok yang memungkinkan penderita bertemu dengan sekelompok orang dengan kondisi yang sama, dapat membantu dengan mengajar untuk berhubungan lebih baik dengan orang lain. Ini mungkin cara yang baik untuk belajar tentang sungguh-sungguh mendengarkan orang lain, belajar tentang perasaan mereka dan menawarkan dukungan.

Karena ciri-ciri kepribadian bisa sulit untuk mengubah, terapi dapat memakan waktu beberapa tahun. Tujuan psikoterapi jangka pendek adalah untuk mengatasi masalah-masalah seperti penggunaan narkoba, depresi, rendah diri atau malu. Tujuan jangka panjang adalah untuk membentuk kembali kepribadian penderita, setidaknya untuk beberapa perubahan kecil yang signifikan, sehingga penderita dapat mengubah pola berpikir yang mendistorsi citra diri dan menciptakan citra diri yang realistis. Psikoterapi juga dapat membantu penderita belajar untuk berhubungan lebih baik dengan orang lain sehingga hubungan lebih intim, menyenangkan dan bermanfaat. Hal ini dapat membantu penderita memahami penyebab emosi penderita dan apa yang mendorong penderita untuk bersaing, untuk tidak percaya orang lain dan mungkin untuk membenci diri sendiri dan orang lain.
sumber: http://health.detik.com/read/2009/11/13/101252/1241021/770/narsistik