Cara Berpikir Milyuner

 Anda tahu bagaimana cara milyuner berpikir? Apa saja faktor yang mempengaruhi kesuksesan seorang Milyuner? Apakah pendidikan? Kecerdasan, atau faktor yang lain?
Universitas Harvard pernah melakukan sebuah penelitian di Amerika pada tahun 1950 dan 1960-an yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang diduga mempengaruhi seseorang atau sebuah keluarga yang mampu mengubah kehidupan mereka menjadi lebih kaya dibanding sebelumnya.

Penelitian tersebut mempelajari beberapa faktor, misalnya pendidikan, kecerdasan, dilahirkan dari keluarga kaya, atau memiliki banyak kenalan (network). Ternyata, banyak kasus dimana seseorang yang dilahirkan dengan tak kurang satu apapun dalam keluarganya, kemudian hidup dalam kemiskinan. Sebaliknya, mereka juga banyak menemukan bahwa seseorang yang dilahirkan dengan segala kekurangan ternyata kemudian mampu menjadi orang sukses luar biasa.
Lalu faktor apa sebenarnya yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang? Penelitian dari Universitas Harvard tersebut menemukan bahwa hanya ada satu kunci perilaku yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang khususnya mencapai kebebasan finansial. Apa faktor tersebut? Berdasarkan penelitian diatas, faktor tersebut adalah Time Perspective. Time Perspective bisa diartikan mempertimbangkan faktor-faktor penting dalam mengambil sebuah alternatif keputusan yang sangat penting dalam kehidupan Anda dengan cara berpikir jauh ke depan (masa akan datang) – mohon dikoreksi bila salah-.
Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa ternyata orang-orang kaya atau orang sukses (Milyuner) memiliki cara berpikir yang selalu melihat jauh ke masa depan atau mungkin bisa dikatakan visioner dan mereka juga selalu melakukan penyesuaian (adjustment) terhadap kebiasaan mereka sehari-hari untuk memastikan agar mereka dapat mencapai tujuan jangka panjang yang telah ditentukan.
Anda mungkin sudah mengetahui bahwa pengusaha-pengusaha yang telah sukses adalah mereka yang dulu memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Banyak contoh yang dapat kita tauladani dan mungkin Anda juga telah tahu misalnya Dahlan Iskan (Jawa Pos), Bill Gates (Microsoft), Surya Paloh (Media Indonesia), M Nadjih (PT. KML), dll.
Orang sukses tidak akan mudah menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna. Hanya orang yang bijaksana dalam menghabiskan waktunya akan mendapatkan kesuksesan dalam hidup.
Milyuner menggunakan waktu mereka sebaik-baiknya. Mereka menggunakan hari, minggu, bulan, tahun (waktu yang mereka miliki) untuk selalu meningkatkan keahlian dan kemampuan mereka atau selalu menambah pengalaman mereka sesuai apa yang mereka impikan. Rata-rata mereka yang saat ini telah menjadi milyuner memiliki cara berpikir 10, 15, 20, atau beberapa puluh tahun jauh ke depan.
Sebaliknya, orang-orang yang memiliki cara berpikir yang pendek umumnya hanya memikirkan kesenangan sementara (jangka pendek). Mereka tidak mampu menunda kesenangan. Mereka tidak mampu memilih mana kebutuhan dan mana keinginan.
Anda pasti ingin jadi Milyuner kan? Nah, mulai sekarang Anda harus berpikir jauh ke depan (long time perspective). Ketika Anda telah memiliki cara berpikir jauh ke depan, Anda akan menggunakan waktu secara bijak, Anda akan mulai membangun hidup disiplin dan menunda kesenangan, Anda akan lebih memilih menabung atau menginvestasikan uang Anda dibanding membelanjakannya.
Kombinasi antara cara berpikir jauh ke depan dan menunda kesenangan inilah yang membuat Anda di jalur yang benar untuk mencapai kebebasan finansial.
Secara singkat langkah sukses (khususnya bebas financial) berdasarkan cara berpikir milyuner adalah :
1. Tentukan tujuan jangka panjang financial yang ingin Anda capai dalam kehidupan Anda. Tentukan berapa banyak kekayaan yang Anda miliki 5 tahun, 10 tahun, dan 20 tahun yang akan dating dari saat ini.
2. Tulislah semua tujuan Anda di no1.
3. Buatlah rencana untuk mewujudkannya (sebisa mungkin detail hingga kegiatan hari-hari Anda
4. Action / lakukan setiap rencana yang telah Anda tulis
5. Belajar untuk menunda kesenangan.
6. Disiplin menjalankan planning Anda
7. Evaluasi setiap periode apa yang telah Anda lakukan.
Demikianlah cara berpikir Milyuner dalam mencapai kesuksesannya khususnya dalam hal financial.
Salam sukses

sumber: http://hajirbaringin.wordpress.com/2008/10/27/cara-berpikir-seorang-milyuner/#comment-108

Klik di sini untuk info seputar Dunia Komputer