Dalam berbisnis, pelanggan menjadi salah satu aset yang perlu
diperhatikan keberadaannya. Tanpa adanya pelanggan, sebuah usaha atau bisnis
tidak dapat berkembang dengan baik. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha
yang harus gulung tikar dan menutup usahanya, karena gagal menemukan
pelanggan. Tentu Anda tidak menginginkan keadaan tersebut terjadi pada
bisnis Anda bukan?
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami sengaja menginformasikan apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam
strategi pemasaran untuk mengambil hati pelanggan.
DO (Yang Harus Anda Lakukan)
- Ciptakan kesan pertama yang menyenangkan
Untuk mengambil hati para konsumen, buatlah mereka merasa senang
dengan sambutan yang Anda berikan. Minimal lakukan 3S+1A (Senyum, Salam,
Sapa dan Antusias) pada setiap pelanggan yang datang kepada Anda.
Dengan begitu kesan pertama yang diberikan kepada pelanggan akan tampak
positif dan meninggalkan kesan tersendiri di hati para pelanggan,
sehingga mereka tidak ragu lagi kembali membeli di tempat Anda.
- Memberikan nilai lebih kepada para pelanggan
Jika biasanya para pelaku usaha atau pemasar hanya memberikan apa
yang diminta para pelanggannya. Mulai sekarang usahakan untuk
berinisiatif memberikan nilai lebih kepada setiap pelanggan Anda,
misalnya dengan memberikan ide, produk atau jasa yang lebih dari harapan
mereka.
- Pandanglah pelanggan sebagai orang penting
Istilah pelanggan adalah raja tentunya menekankan kepada kita sebagai
pelaku pasar maupun pengusaha untuk menganggap setiap pelanggan sebagai
orang penting. Strategi tersebut akan membuat para pelanggan merasa
dihargai, sehingga mereka tidak memiliki niat berpindah ke tempat lain.
- Berikan solusi bagi pelanggan Anda
Kebanyakan para pelanggan datang ke usaha
Anda dengan tujuan mencari solusi bagi masalah yang dihadapinya. Karena
itu usahakan untuk tidak mengecewakan para pelanggan Anda dan jadilah
solusi bagi permasalahan mereka.
- Jadilah teman bagi para pelanggan
Salah satu strategi pemasaran yang wajib Anda lakukan yaitu
menjadikan setiap konsumen sebagai teman Anda. Prinsip ini akan
memudahkan Anda untuk membangun loyalitas konsumen, sehingga mereka merasa dekat dan tidak segan untuk berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
DON’T (Jangan Pernah Anda Lakukan)
- Hindari perdebatan dengan pelanggan
Hal yang paling tabu dalam pemasaran
produk atau jasa yaitu berdebat dengan para konsumen. Sebab peristiwa
tersebut hanya akan membuat pelanggan merasa tidak dihargai, dan menjadi
catatan hitam bagi bisnis Anda yang sewaktu-waktu bisa menyebar ke
banyak orang.
- Membuat pelanggan harus menunggu
Menunggu tentu bukan pekerjaan yang menyenangkan, begitu juga dengan
para pelanggan yang harus menunggu lama untuk mendapatkan produk atau
jasa yang mereka inginkan. Pada umumnya pelanggan tidak senang bila
harus menunggu lama, karena itu usahakan untuk sesegera mungkin
memberikan pelayanan kepada setiap pelanggan Anda.
- Melayani pelanggan seperti mesin
Sebagian pelaku usaha maupun pemasar sering menggunakan bantuan alat
otomatis seperti mesin balasan email otomatis atau mesin penjawab
telepon otomatis untuk melayani konsumen mereka. Kondisi ini pastinya
sangat dibenci para pelanggan, karena mereka bukan robot yang bisa
berkomunikasi langsung dengan mesin. Dan membutuhkan solusi langsung
dari Anda sebagai penanggung jawab usaha.
- Menyamaratakan setiap pelanggan
Setiap pelanggan tentunya memiliki karakter serta kepentingan yang
berbeda-beda, karena itu jangan pernah mencoba untuk menyamaratakan
pelayanan yang Anda berikan kepada setiap pelanggan. Sebab masing-masing
pelanggan membutuhkan solusi yang berlainan, sesuai dengan permasalahan
yang mereka hadapi.
- Mengesampingkan kepentingan pelanggan
Ingatlah, bahwa bukan pelanggan yang butuh Anda, tapi Andalah yang
butuh mereka. Jadi jangan pernah mengesampingkan kepentingan setiap
konsumen Anda, karena sebenarnya mereka menjadi kunci utama bagi
kelangsungan bisnis Anda.
Demikian tips pemasaran kali ini, mengingat pelanggan memegang
peranan penting dalam kesuksesan bisnis Anda, sebaiknya berikan
pelayanan yang terbaik bagi mereka. Karena sebenarnya memberikan
pelayanan prima tidaklah sesulit yang Anda kira. Semoga informasi strategi pemasaran yang telah dibahas bersama, bisa membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.
SUMBER
Informasi Laptop, Komputer, Virus, Jual-Beli Bekas, click here!