Maicih, Inovasi Keripik Super Pedas yang Sukses

Keripik singkong sering dianggap sebagai makanan tradisional yang tidak berkelas dan identik dengan orang kampung. Namun, di tangan Reza Nurhilman atau yang kerap disapa AXL, keripik singkong mampu dirubah menjadi sesuatu yang dicari-cari, bahkan sebagai simbol gaya hidup dan produk bergengsi yang sukses menembus pasar internasional.

Berprinsip hidup "cukses itu susah, tapi lebih susah lagi kalau kita tidak sukses", pemuda berusia 24 tahun tersebut mengawali perubahan nasib singkong melalui produk makanan bermerek Maicih. Pelan tapi pasti, Maicih yang tampil lewat berbagai tingkatan rasa pedas pun menjadi makanan ringan favorit masyarakat. Alhasil, omzet yang didapatkan AXL fantastis: miliaran rupiah per bulan!


Semua berawal saat dunia usaha seolah ditampar, disadarkan mengenai arti pentingnya sebuah kreativitas. AXL berpikir, dalam berbisnis, kekuatan modal sejatinya bukanlah kunci utama. Kreativitas, didukung totalitas dalam melakukan kinerja, juga wajib diperhatikan. Tak cukup, loyalitas dan bagaimana mengatur kemampuan bersinergi dengan orang lain di sekitar, memberi pengaruh signifikan dalam mencapai keberhasilan.

Simak saja kisah Reza Nurhilman. Dengan keterbatasan dana membangun usaha, pemuda 23 tahun ini meraih sukses tak terkira berkat dunia maya. Ia memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media pemasaran.Reza atau akrab disapa Axl adalah pemilik usaha keripik pedas 'Maicih', yang sempat membuat heboh remaja Bandung. 


Hanya setahun setelah meluncurkan usahanya di Twitter, ia mampu mengantongi omzet penjualan Rp4 miliar per bulan. Berangkat dengan modal sekitar Rp15 juta, ia membuat permainan yang memancing penasaran Facebookers dan Tweeps. Ia merancang lokasi penjualan berpindah-pindah setiap hari, yang hanya dapat diketahui dengan melihat status Facebook (#maicih) atau Tweet Maicih (@infomaicih).

Strategi itu sukses. Keripiknya menjadi barang buruan. Konsumen harus mengantre berjam-jam demi mendapatkan keripik superpedas itu. Bahkan, antrean pernah memanjang hingga satu kilometer. "Strategi pemasaran sengaja saya pilih berpindah-pindah sehingga orang penasaran untuk selalu mengetahui di mana keripik Maicih nongkrong," ucapnya. 

Latar belakang usaha? Saya itu lulus SMU di tahun 2005, empat tahun saya menganggur, dalam artian tidak kuliah. Saya baru kuliah itu 2009. Dalam empat tahun menganggur, saya jual beli barang seperti elektronik, pupuk. Semua saya jual. Akhirnya saya punya produk yang tepat dan kendaraan yang tepat.

Saya lahir dari tiga bersaudara, anak paling bungsu, dari ekonomi keluarga yang biasa-biasa saja. Waktu lulus SMU itu, ekonomi keluarga benar-benar drop, jadi saya memutuskan untuk menunda kuliah karena tidak mau membebani orangtua. Saya tidak memiliki figur seorang ayah, jadi mama saya banting tulang, kerja keras untuk menghidupi tiga orang anaknya. Saya tidak tega membebani lagi dengan biaya kuliah. 

Jadi selama empat tahun mulai agak berhasil apalagi dengan adanya Maicih. Jadi, jatuh bangunnya saya ini, sebelum saya memulai bisnis Maicih. Baru pas Maicih, mungkin momen dan waktunya tepat. Saya percaya Tuhan itu memberikan rezeki pada umatnya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu terlambat. Tepat pada waktunya.Banyak orang yang mencibir mungkin tidak tahu kerja keras saya dalam membentuk bisnis ini. Sudah biasa. Jadi ya sudah tebal muka.

Dari terobosan-terobosan yang telah dilakoni tersebut, AXL mencapai keberhasilan. Dan kini, ia mencoba berbagi pengalaman kepada khalayak dengan menerbitkan buku berjudul Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih.

Lewat penuturan yang ringan tapi menyentuh, buku ini digadang-gadang bisa membuat perubahan yang lebih besar, menyadarkan masyarakat bahwa mengubah hidup bisa dilakukan lewat cara apapun yang diinginkan.

Jatuh bangun dalam berusaha adalah hal lumrah. Yang terpenting, jangan pernah berhenti berusaha. Dari buah jerih payahnya, AXL akhirnya paham dan percaya bahwa hidup terlalu berharga jika hanya diisi dengan menyesali keadaan dan terpuruk meratapi kegagalan. Melalui kegigihan, hasil pasti akan diraih. Kuncinya, berusaha tanpa lelah dan terus mengembangkan kreativitas.




Fenomenal

Menteri BUMN, Dahlan Iskan, bahkan mengangkat jempol atas usaha yang dijalani AXL. Ia menyebut, AXL adalah pemuda yang fenomenal. Hal-hal pedas telah dilakoni sepanjang hidupnya guna mengentaskan bisnis makanan ringan.

Kisah-kisah inspiratif tersebut pula yang dipaparkan oleh AXL secara deras dalam buku 'Revolusi Pedas', melalui gaya penulisan yang variatif dan tidak membosankan.


Hal serupa dilontarkan oleh pengusaha muda Sandiaga S Uno. Menurutnya, sikap pantang menyerah, kerja keras, dan totalitas dalam mengejar mimpi yang dituangkan oleh AXL dalam buku ini bukan sekadar omong kosong. Bersama @PenulisCantik, AXL mencoba mengejawantahkan pengalaman hidup dan berbisnis kepada para pecinta buku.

Formula sukses untuk melewati tantangan terberat diuraikan olehnya secara terang dan bernilai. Buku Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih adalah bacaan yang menginspirasi, terutama bagi banyak anak muda di Indonesia. Inilah bacaan yang diharapkan bisa mengubah pola pikir mengenai hidup dan merancang masa depan.
Sebab, pada prinsipnya tua menjadi kaya, itu biasa. Namun, masih muda tapi bisa kaya, itu baru luar biasa. Pemahaman kalimat ala AXL tersebut dijabarkan dalam karya ini. Lewat Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih, generasi muda dituntut menjadi pencetus kreativitas selanjutnya. 


Tips anak muda untuk berbisnis?
Anak-anak muda itu harus jauh lebih yakin. Jika ingin menekuni sesuatu harus konsisten, ngotot, dan antusias. Kita harus semangat kalau kita punya sesuatu, kita harus yakin. Untuk menuju puncak itu memang tidak mudah, tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, tapi ketika kita mengejarnya dengan yakin dan percaya, pasti akan tercapai.Maicih berawal dari impian, jadi kerja keras untuk mencapai impian tersebut itu harus. Tidak mungkin kita hidup selalu bergantung pada orang lain. 


------------------------------------------------------------------------------------------------ DIBELI PERLENGKAPAN KOS BEKAS KAMU : Laptop / Komputer / TV / LCD / PS / Lemari / Kipas Angin / Buku / Kasur, DLL. HUB: 085229108283 / pinBB: 2A 4994 AD (JOGJA - Sekitarnya Kami Jemput)