Surat Ibu untuk Putrinya: Jangan seperti Miley Cyrus

Aksi seronok Miley Cyrus di MTV Video Music Awards tidak hanya membuat kaget banyak pihak. Seorang ibu dari seorang putri berusia 13 tahun pun gundah dan menulis surat terbuka untuk putrinya.

Surat yang ditulis Kim Keller lewat blog-nya, Roadkill Goldfish, mengundang perhatian. Dalam hitungan tiga hari, surat ini menyedot tiga juta pembaca. Surat terbuka yang ia beri judul “Dear Daughter, Let Miley Cyrus be a Lesson to You" itu menunjukkan kegundahannya sebagai seorang ibu yang tak ingin putrinya berbuat hal serupa.
Begini kira-kira isi surat Kim buat putrinya.


Putriku, petik pelajaran dari apa yang dilakukan Miley Cyrus.
Inilah yang terjadi bila dirimu selalu dipuji-puji. Inilah yang terjadi bila orang-orang selalu setuju dengan "tweet" dan foto-foto di Instagram-mu. Inilah yang terjadi ketika dirimu tidak punya orangtua yang mengingatkan atau mengatakan "tidak" pada pilihan baju yang kamu pakai, atau memukul pantatmu dengan keras karenanya.
Jangan pernah berpikir untuk melakukan aksi seronok itu. Kalaupun dirimu pernah berpikir untuk mencobanya, saya berjanji akan menunjukkan padamu bagaimana bentuk gerakan twerk itu sehingga dirimu tahu betapa janggal dan tidak enak untuk dilihat.
Saya akan memberi selotip pada bibirmu supaya lidah tidak terjulur seperti anjing yang kepanasan. Saya akan memukul pria yang kamu "tempel-tempel" pada bagian vitalnya, tetapi saya akan memukul pantatmu terlebih dahulu sebelum itu. Agar kau tak lupa bagaimana caranya bersikap seperti seorang perempuan di depan orang ramai.
Kenapa saya harus melakukan itu? Karena saya sayang kamu, dan ingin agar dirimu menghargai diri sendiri. Miley Cyrus sama sekali tidak keren dan seksi. Di panggung itu ia seperti seorang gadis yang haus akan perhatian, yang seolah berteriak, "Ayo lihat saya, saya cantik, saya seksi, semua pria menginginkan saya, dan semua perempuan ingin menjadi saya”.  
Mungkin pada satu saat nanti, putriku, kau akan melihat ada teman yang akan melakukan tarian yang dibilang keren ini. Tapi percayalah, jangan lakukan itu. Dirimu jauh lebih berharga, dan itu hanya akan membuat dirimu tampak murahan. Biarkan mereka menilaimu dari sikap dan kepribadian, bukan sekadar dari penampilan, yang hanya akan mereka nikmati sebentar lalu lupa.
Adalah peran saya sebagai seorang ibu untuk selalu mengingatkan dan memberi tahu mana yang benar dan salah. Saya pun merasa sedih jika dirimu merasa tak dapat perhatian dengan sedikitnya komentar Instagram yang memuji penampilannmu. Mungkin dirimu ingin punya teman lebih banyak daripada seorang ibu.
Tapi percayalah putriku, saya akan sepenuh hati sampai mati akan terus menjagamu agar kamu tidak sampai bertingkah seperti apa yang dilakukan Miley Cyrus.
Dan dirimu akan berterima kasih karena aku pernah mengatakan ini, suatu saat nanti.

Kim menuliskan surat ini bukannya tanpa alasan. Ia dan putrinya juga dulu selalu mengikuti serial Hannah Montana yang diperankan Miley Cyrus. Begitu melihat aksi Miley di VMA yang berubah 180 derajat dan sangat seronok, ia langsung mengernyitkan dahi dan tak ingin putrinya menganggap itu hal yang lumrah.
Aksi Kim mendapat sambutan luas sehingga dia juga kemudian turut diundang dalam talkshow Good Morning America.
Sumber :
Daily Mail, Today dan kompas