Meskipun Anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan Anda saat ini, Anda
tetap harus menjaga hubungan baik antara Anda dan rekan Anda di tempat
kerja. Hubungan ini akan berguna bagi Anda kelak, ketika Anda
membutuhkan informasi tertentu untuk pengembangan karir Anda. Berikut
adalah lima cara meninggalkan kesan baik saat mengundurkan diri.
1. Jangan sering mengeluh
Perusahaan
akan merasa terganggu dengan segala keluhan yang Anda berikan. Anda
tidak perlu menyalahkan siapa pun ketika berada di situasi yang sulit,
yang Anda butuhkan hanyalah segera mengambil sikap tegas untuk hengkang
dari perusahaan.
2. Ajukan alasan yang tidak menekan salah satu pihak
Anda
mungkin memiliki sejumlah alasan untuk meninggalkan pekerjaan itu
karena kondisi di tempat kerja Anda. Tetapi sebaiknya jangan terlalu
frontal dalam mengungkapkan alasan Anda. Pilih saja alasan-alasan umum
yang biasa diajukan oleh orang yang ingin mengundurkan diri.
3. Bekerja keras sebelum mengundurkan diri
Salah
satu cara untuk meninggalkan kesan baik sebelum mengundurkan diri
adalah dengan bekerja keras dan segera menyelesaikan tugas Anda. Dengan
begitu, rekan dan atasan Anda akan mengenang Anda sebagai karyawan yang
berdedikasi tinggi.
4. Menyelesaikan proyek yang diberikan
Jangan
biarkan proyek yang diberikan kepada Anda terbengkalai karena Anda
berencana untuk mengundurkan diri. Sebaliknya, segera selesaikan proyek
itu dan buat atasan terkesan dengan hasil kerja Anda.
5. Memastikan bahwa kepindahan Anda tidak mempengaruhi pekerjaan karyawan lain
Ketika
Anda meninggalkan pekerjaan Anda, Anda harus memastikan bahwa rekan
Anda mampu mengambil alih tugas Anda sampai pengganti Anda datang. Maka,
bicarakan hal ini dengan atasan Anda tentang siapa yang pantas untuk
mengambil posisi Anda untuk sementara waktu.
Inilah lima cara
meninggalkan kesan baik saat mengundurkan diri. Kesan baik yang Anda
tinggalkan di tempat kerja tentunya akan berimbas pada karir Anda
selanjutnya. Jadi, pertahankan reputasi baik itu selama Anda masih
bekerja di sana.
SUMBER