Rendahkan Diri Sendiri = Tidak Sukses

SEPERTI kebanyakan orang, Anda pasti tidak suka jika ada orang lain yang bicara negatif tentang Anda. Namun, bagaimana jika Anda sendiri yang bicara negatif tentang diri Anda?

Bisa jadi, terlalu banyak hal negatif yang Anda katakan terhadap diri Anda sendiri. Inilah yang membuat Anda menjadi tidak bahagia dan depresi. Perkataan buruk dan perasaan itulah yang menghalangi Anda untuk bisa mencapai target yang Anda tetapkan. Perkataan negatif terhadap diri sendiri umumnya diawali dengan kata-kata, “saya tidak bisa…” atau “saya tidak akan pernah…”, atau “kalau saja saya…”.

Menurut konsultan karier Dianne Schilling, kalimat yang sering kali mengikuti kata-kata tadi sangat beragam; dari “saya tidak bisa berbicara di depan umum”, “saya tidak pernah punya waktu untuk olahraga”, “saya tidak bisa matematika”, “kalau saja badan saya lebih kurus, saya pasti akan bahagia”, “kalau saya kaya, saya pasti bisa mewujudkannya”, “saya tidak cukup pintar untuk mendapatkan promosi”, “saya kurang lihai jika harus bernegosiasi dengan klien”, atau “jika saya punya atasan yang lebih baik dari ini pasti saya akan bekerja lebih keras”.

Daftar tersebut hanyalah contoh saja. Coba Anda buat daftar diri Anda sendiri dan Anda akan menemukan bahwa Andalah yang menghalangi kebahagiaan diri anda sendiri.

Tanamkan dalam otak


Kadang kala Anda juga tak setuju dengan diri Anda sendiri. Contohnya, suatu ketika, Anda berada dalam situasi sulit dan Anda katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa mengatasi hal ini. Di hari yang lain, Anda lagi-lagi mengalami hal yang sama. Dari sini, Anda mulai meragukan keyakinan Anda sendiri.

“Jika ini yang terjadi, yakinkan diri Anda bahwa perkataan yang terus-menerus Anda tanamkan ke pikiran Anda dengan semangat yang menggebu-gebu adalah perkataan yang akan menang dan menguasai pikiran Anda. Perkataan inilah yang akan memunculkan energi kuat pada diri Anda untuk mewujudkannya,” tegas Schilling, seperti dikutip dari womensmedia.com.

Menghapus perkataan negatif


Lawan dari kata-kata negatif tentu saja adalah perkataan positif. Lihat perbedaan antara katakata negatif dan positif. Jika negatif, Anda akan mengatakan, “saya tidak bisa melakukannya”.

Sedangkan kalimat positifnya, “ saya semakin mahir mengerjakannya”. Atau “ini hari yang buruk untuk saya”, bisa Anda ganti dengan “saya yang berkuasa untuk menentukan apakah saya senang dan bahagia dengan hari ini atau tidak”.

Kalimat lainnya, “saya tidak akan pernah bisa mengerjakannya dengan benar”. Kalimat ini harus Anda ganti dengan kata-kata,“ saya akan mencobanya menjadi lebih baik. Saya pasti bisa”.

Beberapa kalimat positif ada yang lebih efektif dibanding kalimat positif lainnya. Karena itulah, demi mencapai efektivitas yang maksimal, sebuah kalimat positif setidaknya dibuat atau dikatakan dengan bentuk kalimat positif dan ditujukan untuk keadaan sekarang. Sebagai contoh, kalimat “kali ini saya tidak akan membuat jadwal yang berantakan lagi”, bukanlah kalimat yang efektif untuk memacu Anda.

Rasakan bedanya jika Anda menyusun kalimatnya dengan berbeda seperti, “saya adalah orang yang teliti dan mampu mengorganisir diri sendiri”. Contoh lainnya, kalimat “saya tidak akan menunda pekerjaan saya yang akan datang”, sebaiknya diganti dengan “saya akan langsung mengerjakan pekerjaan yang ada dan menyelesaikannya sesuai waktu yang ditentukan”.

Jika merasa kalimat-kalimat tersebut terlalu berat, Anda jalankan, jangan khawatir.“ Awalnya, memang akan terdengar kurang realistis.Tapi tenang saja, mereka akan berhasil memengaruhi Anda. Sekali saja Anda berhasil dengan kalimat-kalimat itu, bersantai sejenak dan buatlah kalimat positif dengan gaya Anda sendiri,” ujar Schilling.

Harus yakin

Jika ingin mengubah kehidupan Anda lewat kalimat-kalimat positif, buat kalimatnya dan ulangi berkali-kali dengan penuh keyakinan bahwa Anda bisa melakukannya. Cobalah untuk memulainya perlahan. Misalnya Anda punya keinginan menghentikan kebiasaan mengonsumsi junk food, katakan bahwa Anda akan menguranginya.

Jika berhasil, mulai lagi dengan mengatakan bahwa Anda hanya akan mengonsumsi makanan yang sehat. Intinya, konsentrasi untuk mengatasi satu masalah pada satu waktu. Untuk membuat kebiasaan berkata positif ini tetap berlangsung, setidaknya ada empat langkah yang harus Anda lakukan. Pertama, perhatikan penilaian Anda terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda sampai mengatakan hal negatif tentang diri sendiri, segera ubah menjadi kalimat yang positif.

Latihlah cara ini setiap hari.Kedua, mintalah kepada orang yang Anda percaya untuk mengingatkan Anda jika Anda berkata negatif terhadap diri sendiri.Kemudian sekali lagi, ubah menjadi perkataan yang positif. Ketiga, evaluasi diri Anda dengan selalu menanamkan katakata positif yang baru.

Terakhir, tulis kata-kata tersebut dan taruh di tempat yang mudah Anda lihat agar saat keyakinan Anda goyah, Anda bisa langsung teryakinkan lagi.
sumber:okezone.com