Bagaimana Lionel Messi Mencapai Tempat Teratas Pesepak Bola Dunia?

Lionel Andrés Messi (lahir 24 Juni 1987 di Rosario) adalah salah seorang pesepak bola Argentina yang membuat kagum dunia terutama saat ia bermain di klubnya saat ini Barcelon FC. Pemain terbaik dunia 2009 ini merupakan salah satu pemain terlincah saat ini, akan tetapi sederet prestasi yang dimiliki Messi tersebut tidaklah mudah ia raih.

Lionel Messi-mungkin bisa dikatakan pemain terbaik di dunia saat ini. Dia adalah salah satu bakat sepakbola terbaik dan paling menarik di dunia.
Dia sering diperbandingkan dalam merebut prestasi dengan mantan Winger Manchester United yang sekarang berkostum Real Madrid Cristiano Ronaldo sekaligus pemain terbaik dunia 2008 tetapi ia seperti mengabaikan itu dengan membantu timnya mengalahannya Manchester United secara meyakinkan di final UEFA Champions League di Roma tahun 2009.
 
Bagaimana dia mencapai tempat teratas pesepak bola dunia? 
Permainan spektakuler Messi mulai mendapat sambutan hangat dunia pada saat ia memperkuat skuad Argentina Piala Dunia di musim 2005-06.Sebagai seorang gelandang maju atau menyerang, Messi memiliki kontrol bola yang luar biasa dan kecepatan dan memiliki potensi untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia.
 
Barcelona sebagai salah satu klub besar Eropa yang juga acap kali mengorbitkan pesepakbola Argentina ke kancah eropa bahkan dunia, melirik bakat Messi tersebut yang mereka sebut sebagai The New Maradona. Namun, cerita Messi bisa saja berakhir sebelum dimulai jika saja Barca urung membawanya karena saat itu ia masih belia.

Messi yang dilahirkan di Rosario, Argentina, Sedari kecil telah menunjukkan bakat yang besar, Ia bermain di sebuah klub bernama Grandoli, yang dilatih oleh ayahnya, dari usia lima tahun dan kemudian pindah ke Newell's Old Boys.Dia menunjukkan semua tanda-tanda memiliki karir yang menjanjikan sepakbola di masa depannya tetapi pada usia 11 tahun, ia didiagnosis  kekurangan hormon pertumbuhan yang memerlukan pengobatan yang mahal. Orang tuanya tidak mampu, beruntung Barca yang telah melirik bakat besarnya menyanggupi untuk membiayai pengobatan messi dengan syarat mereka bersedia untuk pindah ke Spanyol dan Messi harus mau bermain bersama klub Barcelona, mereka pun akhirnya memutuskan untuk pindah ke Spanyol. 


Barca kini menerima keuntungan yang sangat besar akan 'investasi' mereka terhadapMessi. Dia semakin bersinar menjadi pemain termuda yang bermain dalam laga Internasional yang pada saat itu baru berusia 17 tahun, bahkan di tim Barcelona dia setarakan dengan pemain berkelas dunia milik Barcelona lainnya seperti Ronaldinho dan Samuel Eto'o.

Di musim 2003-2004 ketika ia masih berusia 16 tahun, Messi melakukan debut bersama Barcelona senior di pertandingan persahabatan dengan Porto yang menandai pembukaan stadion New Dragao.Dan bermain untuk laga resmi pertamanya di pertandingan pada tanggal16 Oktober 2004, dalam derby Barcelona dan Barca menang melawan Espanyol di Stadion Olimpiade dengan skor 0-1. Dikarenakan beberapa pemain tim utama yang cedera serius, memaksa pelatih memanggil pemain cadangan, pada saat itu Messi hanya menjadi fitur biasa dari skuad Barca.  Baru pada tanggal 1 Mei 2005, ia menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol liga untuk FC Barcelona - melawan Albacete saat itu Messi baru berusia 17 tahun, 10 bulan dan 7 hari. Selanjutnya ia kembali menoreh sejarah ketika menjadi pemain termuda Barca ketika mencetak hat trick saat melawan Real Madrid dalam 'El Clasisco'
 

Debut Messi di Liga Champion UEFA di Nou Camp adalah pada tanggal 28 September melawan klub Udinese Italia. Pada bulan Desember tahun itu, koran Italia Tuttosport menganugerahkan kepadanya Golden Boy 2005 pemain terbaik eropa U-21 mengungguli Wayne Rooney dan Lukas Podolski.


Saat ini bersama pelatih Pep Guardiola.  Messi membawa permainan dirinya ke level berikutnya, Dia mampu mencetak 38 Gol di semua kompetisi sehingga membantu timnya memenangkan-Treble Piala Spanyol, La Liga dan Liga Champions bahkan membukukan 6 gelar selama 1 musim dari seluruh kompetisi termasuk piala dunia antar klub di musim 2008-2009 yang membuat Barca sebagai satu-satunya klub di dunia yang baru dapat menorehkan rekor tersebut yang turut mengangkat namanya dan menjadikan FIFA & UEFA menunjuknya sebagai pemain terbaik tahun 2009. 


Messi pernah ditawari kesempatan untuk bermain untuk tim nasional sepak bola Spanyol, tapi menolak, ia lebih memilih untuk menunggu kesempatan untuk bermain untuk negara kelahirannya. Pada bulan Juni 2004 ia mendapat kesempatan, bermain di pertandingan U-20 dalam laga persahabatan melawan Paraguay.

Lionel Messi menjadi bintangi untuk tim Argentina U-20 yang menjuarai Football World Youth Championship yang dihelat di Belanda. Messi meraih Sepatu Emas sebagai top skorer dengan 6 gol, dan Golden Ball untuk pemain terbaik turnamen, sejak saat itulah Lionel Messi mulai dibanding-bandingkan dengan Diego Maradona. 



Moment Terbaik
Perbandingan dengan Diego Maradona tampak ketika Messi mencetak gol yang menakjubkan dalam permainan Copa del Rey melawan Getafe pada bulan April 2007.  Messi berlari lebih dari setengah panjang lapangan dan memukuli enam pemain sebelum slotting bola ke jaring dari sudut yang ketat. Ini sangat mengingatkan pada Maradona pada saat melawan Inggris di perempat final Piala Dunia 1986.
 
Moment Terburuk
Messi mengalami debut menyedihkan bagi Argentina ketika ia dikirim melawan Hungaria di Budapest hanya dua menit setelah turun dari bangku cadangan,  Ia dikartu merah setelah divonis wasit karena telah menyikut Vilmos Vanczak dan ia meninggalkan lapangan dengan kucuran air mata.



Profil:

Nama lengkap: Luis Lionel Andrés Messi
Tanggal Lahir : 24 Jun 1987
Tempat lahir: Rosario, Argentina
Kewarganegaraan: Argentina
Kebangsaan Lain: Spanyol
Paspor Uni Eropa: Ya
Tinggi: 169 cm
Berat: 67 kg
Klub: FC Barcelona
Posisi: Penyerang
Debut Profesional : 17 November 2003 


Klik di sini untuk info seputar Dunia Komputer