Merantau, Kunci Orang Kaya Minang dan Tionghoa

Ada teman yang bilang klo 'di Indonesia tuh klo mau jadi pedagang yang sukses kamu harus memiliki darah orang padang ato orang cina dulu'. Tentu saja saya langsung membantahnya sudah banyak bukti yang gak perlu dijelaskan lagi untuk menyanggah pendapat teman saya itu. Akan tetapi, saya kemudian berfikir 'iya juga, kenapa orang cina (tionghoa) dan padang (minang) mendominasi sekali kisah sukses dunia wira usaha di negeri ini, bahkan orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2010 dipegang oleh warga keturunan'.

Gak bermaksud SARA cuma ingin menganalisa apa sih hebatnya mereka. Seperti yang telah diungkapkan dalam postingan kami sebelumnya tentang kunci sukses warga tionghoa menurut saya tidak jauh berbeda dari kunci sukses warga minang yaitu :

1. Berani ambil Resiko (meminjam modal di Bank ataupun mencoba usaha baru dan ditempat baru)
2. Perhitungan (mampu menahan dan mengontrol emosi berbelanja yang tidak perlu)
3. Memiliki keterampilan (minimal keterampilan berhitung)
4. Mau memulai dari yang paling kecil
5. Yang paling penting menurut saya adalah MERANTAU atau HIJRAH alias keluar dari tanah kelahiran dan mencari peruntungan di negeri orang. Walaupun di negeri sendiri mereka juga bisa sukses akan tetapi tidak sebesar mereka yang berani 'menjajah' negeri orang lain, biasanya orang yang merantau lebih berani dan lebih bebas dalam bereksplorasi bisnis karena dia tidak terlalu memikirkan keluarga karena tanggung jawabnya lebih kecil yaitu hanya diri sendiri. Bukankah salah satu pemicu kesuksesan bisnis itu adalah sering-sering menampilkan sesuatu yang baru Minimal mereka merantau atau hijrah dari perasaan nyaman dan aman dengan mencari jalan baru untuk kesuksesan hidup mereka secara mandiri.

Sebenarnya masih banyak lagi kunci sukses mereka yang semuanya bersumber dari MENTAL mereka yang 'mau' dan 'telaten'. Logika sederhananya 'Apapun yang diseriusi pasti akan menuai hasil sekecil apapun usaha itu' jadi bukan karena keturunannya tetapi manusianya, mungkin karena mereka sedari kecil sudah di didik untuk berani mandiri jadilah dewasanya manusia-manusia tangguh. karena untuk memilih jalan hidup yang tidak pasti penghasilannya butuh kepercayaan diri dan keyakinan akan Tuhan yang tinggi. Bagaimana menurut anda ?

Informasi Laptop, Komputer, Virus, Jual-Beli Bekas, click here!