Tidak ada yg tidak mungkin, terlebih lg dalam dunia bisnis, sesimpel apapun ide anda semuanya layak dicoba seperti ide unik dari Antoine Deblay. Mahasiswa Prancis itu menuai untung
besar atas ide uniknya, yakni dengan menjual 'udara segar' dari kampung
halamannya, Montcuq.
Antoine memasukkan udara itu ke dalam sebuah
kaleng berlabel putih. Iapun memberinama Air de Montcuq. Kaleng berisi
udara segar itu dijual seharga 5,5 euro atau sekitar Rp 90 ribuan per
kaleng.
Awalnya, pria 22 tahun ini memasang proposalnya di sebuah
situs crowdfunding Prancis, kisskissbankbank. Tak disangka, ide yang
tak biasa itu ternyata mendapat tanggapan yang baik.
Dengan
menjual kaleng berisi udara itu, Antoine pun berhasil mengumpulkan lebih
dari US$ 1.000 atau sekitar Rp 12 juta. Bagi Antoine, jumlah tersebut
sudah menguntungkan untuk membuat sebuah situs web dan membayar biaya
kemasan Air de Montcuq.
Di website penjualannya, Antoine juga
mendeskripsikan produknya seunik mungkin. "Air de Montcuq adalah 100
persen organik. Dapat menyegarkan ide-ide Anda dan ini sangat ideal
ketika Anda membutuhkan inspirasi yang kreatif," tulisnya.
Antoine
juga memberikan peringatan untuk menggunakan Air de Montcuq itu.
"Perhatian, ini hanya bisa dipakai sekali. Jadi jangan membiarkannya
terbuka," tulisnya di dalam website penjualan Air de Montcuq.
Seperti
dikutip dari Oddity Central, ide Antoine yang aneh itu telah dilirik
oleh banyak media lokal di Prancis. Karena itu, nama Antoine pun
meroket. Ia juga merasa terkejut ketika dirinya menerima sekitar 1.000
pesanan hanya dalam waktu tiga minggu. Wow!
Antoine juga memiliki
strategi khusus. Agar udara segar di kampung halamannya tak habis, ia
membatasi jumlah penjualan udara segar itu menjadi 10 liter udara per
minggu. Apakah Anda tertarik untuk membelinya?
sumber