7 Keuntungan Ketika Jatuh Bangkrut

Jatuh bangun dalam berbisnis merupakan hal biasa yang tak hanya dihadapi para pebisnis kecil tapi juga pengusaha kelas kakap. Jangan panik, ternyata jatuh bangkrut juga dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi Anda.
Mengutip laman Lifehack.org, Jumat (29/8/2014), memang benar, saat bangkrut Anda tetap dihadapkan pada beberapa kesulitan seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar keperluan lain. Tapi tentu saja, saat itu Anda pasti tengah berusaha bangkit dan berjuang kembali meraih sukses.

Saat itulah Anda bisa merasakaan beberapa keuntungan paska bangkrut. Berikut tujuh manfaat yang dapat diperoleh usai alami kebangkrutan:
1. Lebih kreatif
Kesulitan saat bangkrut dapat membuat Anda berpikir lebih keras. Saat itu terjadi, kreativitas Anda juga ikut meningkat.
2. Sering ditraktir
Saat Anda makan berasama teman, tak perlu repot-repot membayar, Anda pasti ditraktir. Hal itu mengingat kemampuan finansial Anda yang tak sedang baik-baik saja.
3. Lebih hemat
Anda hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan dan mengabaikan keinginan pribadi. Dengan tabungan yang tersisa, Anda akan berhenti menjadi boros.
4. Belajar mengatasi stres
Stres pasti menjadi bagian dari pengalaman kebangkrutan tersebut. Tenang saja, masa-masa sulit itu akan mengajarkan Anda cara mengatasi stres dan tidak bertindak berlebihan.
5. Tak banyak mengeluh
Masa sulit paska bangkrut ternyata juga memaksa Anda untuk mengurangi keluhan pribadi. Anda juga tak akan lagi mengeluh mengenai pilihan makanan yang tersedia.
6. Memperkuat tekad
Setelah bangkrut, tekad Anda untuk bangkit akan lebih kuat dari sebelumnya. Anda akan membuat sejumlah rencana bisnis dan bergerak mematuhinya hingga bisa sukses kembali.
7. Paham bahwa uang bukan segalanya
Anda akan menyadari terdapat kebahagiaan lain selain uang. Kecintaan Anda pada kehidupan akan membuat Anda menerima guyuran kebahagiaan yang lebih besar. Alhasil, jatuh bangkrut juga dapat membawa banyak keuntungan bagi Anda. (Sis/Ahm)
SUMBER